Gagah Radhitya Widiaseno
Jordi Amat dan Sandy Walsh siap disumpah jadi WNI (Instagram/PSSI)

Bolatimes.com - Pengambilan sumpah Jordi Amat dan Sandy Walsh untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) tinggal menghitung jam saja. Jelang pengambilan sumpah, respons netizen pun kocak-kocak.

Jordi Amat dan Sandy Walsh akan disumpah pada hari ini (17/11/2022) tepatnya pukul 13.00 WIB. Agenda ini akan dilakukan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

Bahkan PSSI pun sudah memberikan kode keras tentang agenda pengambilan sumpah Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Baca Juga:
Prediksi Timnas Indonesia U-20 vs Prancis U-20 di Piala Dunia Mini

Dalam unggahan akun Instagram @PSSI, terlihat Jordi Amat dan Sandy Walsh tengah memegang syal berwarna merah bertuliskan Indonesia.

Bahkan ada potret masing-masing pemain yang memegang syal tersebut secara terpisah.

Baca Juga:
Prediksi Susunan Timnas Indonesia U-20 vs Prancis, Dua Pemain Keturunan Starter

Tak sedikit dari mereka juga memberikan respons kocak jelang pengambilan sumpah Jordi Amat dan Sandy Walsh.

"Jordi sudah beli peci belum?" tulis @trib****.

"Masuk KK Citayem," beber @nama***.

Baca Juga:
Son Heung-min Terkejut Pakai Topeng Zorro Ternyata Nyaman

"jordi jangan lupa sarapan uduk dulu pakai jengkol sebelum sumpah WNI," timpal @kins***.

"Nanti KTP-nya ikut kelurahan mana min," celetuk @choi****.

Sandy Walsh dan Jordi Amat telah melakoni serangkaian proses naturalisasi untuk menjadi WNI. Awalnya, keduanya melakukan sesi wawancara di Badan Intelejen Negara (BIN), kemudian menjalani tes kesehatan atau medical check up di sebuah rumah sakit di Jakarta.

Mereka juga sebelumnya sudah mendapatkan rekomendasi dari Komisi III dan Komisi X DPR RI. Kemudian terakhir, di tanggal 9 November 2022 surat keputusan Presiden RI telah ditandatangani oleh Joko Widodo.

Keppres atas nama Sandy bernomor lima (5) sedangkan Jordi dengan nomor enam (6). Keppres tersebut telah diserahkan ke Menpora Zainudin Amali dan Kemenkumham Yasonna Hamonangan Laoly untuk ditindaklanjuti.

Di tahap akhir naturalisasi, kedua pemain keturunan itu lantas diharuskan melakoni pengambilan sumpah jadi WNI.

Kans keduanya untuk bermain bersama timnas Indonesia di Piala AFF 2022 kian terbuka. Pasalnya, jika kedua pemain sudah disumpah sebelum 20 November 2022 (batas akhir pendaftaran pemain), tak menutup kemungkinan keduanya diboyong Shin Tae-yong main di Piala AFF 2022.

Piala AFF 2022 bakal bergulir 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Load More