Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. (YouTube/PSSI)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong dipastikan segera memimpin latihan Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Saat ini, pelatih yang karib disapa STY masih berada di Eropa untuk pemusatan latihan (TC) Timnas U-20.

Sementara Timnas Indonesia senior diagendakan berlatih mulai 28 November 2022. Rencananya Bali akan menjadi tempat latih skuad Garuda.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut Shin Tae-yong baru akan memimpin TC Timnas Indonesia mulai Desember 2022. Diterangkannya, STY sudah tidak sabar menangani TC persiapan timnas menghadapi Piala AFF 2022.

"Dia betul-betul ingin melatih timnas senior," ujarnya.

Menurut Iriawan, Shin Tae-yong kembali ke Indonesia pada 5 Desember 2022, begitu TC timnas U-20 di Spanyol tuntas. Selama STY belum kembali ke Indonesia, latihan Timnas Indonesia akan dipimpin oleh asisten pelatih.

"Shin menyampaikan, dia akan menunjuk asisten untuk melatih timnas Indonesia sampai dia kembali," imbuhnya.

Sementara itu mengenai lokasi TC Timnas Indonesia, Iriawan belum dapat memastikannya. Akan tetapi, dia menyebut salah satu opsinya adalah Bali dengan alasan memiliki fasilitas memadai untuk TC, termasuk lapangan latihan baru Bali United di kawasan Pantai Purnama, Gianyar.

Iriawan sudah melihat langsung lapangan tersebut pada Selasa (15/11) bersama pemilik klub Bali United Pieter Tanuri.

"Lapangannya cukup baik, di pinggir laut dan udaranya bagus. Tempat seperti itu hanya ada dua di dunia, yaitu di Irak dan Indonesia," tutur dia.

Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023. Timnas Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

(Antara)

Load More