Irwan Febri Rialdi | Husna Rahmayunita
Wakil Sekretaris Jenderal PSSI Maaike Ira Puspita. (ANTARA/Michael Siahaan)

Bolatimes.com - akil Sekretaris Jenderal PSSI Maaike Ira Puspita resmi menjadi Wakil Presiden AFF periode 2022-2026, berdasarkan hasil Kongres Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) di Siem Reap, Kamboja, Senin (14/11).

"Semoga kepercayaan yang diberikan kepada saya dapat memberikan kontribusi penting untuk kemajuan sepak bola Indonesia, termasuk sepak bola perempuan," ujar Maaike, diunggah di laman PSSI, Senin.

Menanggapi jabatan baru Maaike itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengucapkan selamat.

Iriawan berharap Maaike mampu menunaikan kewajiban dan mengemban tanggung jawab dengan maksimal.

"Semoga bisa menjalankan tugas dengan baik," tutur Iriawan.

Jabatan Maaike di AFF menjadi yang kedua bagi Indonesia di organisasi tersebut.

Sebelumnya, Indonesia sudah memiliki perwakilan yang menduduki kursi serupa yakni eks Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria.

Ratu Tisha menjabat Wakil Presiden AFF periode 2019-2023. Dia berstatus sebagai perempuan pertama yang berada di posisi itu.

Event terdekat AFF adalah Piala AFF 2022. Bersamaan dengan itu, Indonesia juga terus mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023.

Lantas, siapa sebetulnya Maaike Ira Puspita? Berikut ulasan profilnya!

Profil Maaike Ira Puspita

Maaike Ira Puspita bisa dibilang merupakan sosok baru di dunia sepak bola Tanah Air. Dia ditunjuk sebagai Wakil Sekretaris Jenderal PSSI pada Januari 2020.

Ia adalah istri dari Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Muhammad Sandy Hermawan. Lantas, ada hubungan apa antara ketiganya? Iwan Bule merupakan kakak kandung dari Sandy Hermawan.

Penunjukkan ini guna membantu Ratu Tisha Destria dalam menjalankan tugas di bagian administrasi dan kegiatan lain dalam struktur kesekjenan PSSI. Awal keterlibatannya, Maaike Ira Puspita diminta untuk mendampingi Sekjen PSSI menghadapi gelaran Piala Dunia U-20 2021.

Meski pada akhirnya gelaran Piala Dunia U-20 harus diundur ke tahun 2023, peran Maaike untuk mengawal ajang besar di Indonesia ini cukup vital.

Hal ini selaras dengan ambisi besar yang dimiliki oleh Maaike Ira Puspita untuk sepak bola Indonesia. Maaike Ira Puspita berharap skuad Garuda dapat selalu menampilkan yang terbaik dan bisa meningkatkan prestasi baik di tingkat Asia Tenggara, Asia, dan tingkat dunia.

Kini di tengah-tengah PSSI yang sedang menjadi sorotan akibat tragedi di Stadion Kanjuruhan, Maaike Ira Puspita muncul memberi kabar mengejutkan. Dia resmi maju dalam pemilihan wakil Presiden AFF periode 2022-2026. 

Load More