Husna Rahmayunita
Wakil Sekretaris Jenderal PSSI Maaike Ira Puspita. (ANTARA/Michael Siahaan)

Bolatimes.com - Wakil Sekjen (Wasekjen) PSSI, Maaike Ira Puspita resmi terpilih menjadi wakil Presiden AFF periode 2022-2026. Ia menggantikan Ratu Tisha yang sebelumnya menjabat.

Hal itu diumumkan dalam kongres AFF yang digelar di Siem Reap, Kamboja, Senin (14 November 2022). Maaike Ia Puspita pun mengungkap visi misinya dengan tugas baru yang diemban sebagai wapres AFF.

Salah satunya, adik ipar Ketum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule itu bertekad akan memajukan sepak bola Indonesia.

"Insya Allah amanah ini bisa saya emban sebaik mungkin. Dan, semoga dengan kepercayaan yang diberikan kepada saya bisa memberikan kontribusi penting untuk kemajuan sepak bola Indonesia, termasuk sepak bola perempuan di Indonesia," ujarnya seperti dikutip dari laman PSSI.

Nantinya, Maaike Ira Puspita akan bersinergi dengan tiga wakil presiden AFF lainnya. Diketahui, posisi Presiden AFF akan diisi satu orang, sementara wakil presiden ada empat.

Lalu lima orang menjadi anggota dewan, satu untuk anggota dewan eksekutif yang mewakili AFF di AFC dan lima orang untuk anggota dewan perempuan AFF.

Lantas, siapa sebetulnya Maaike Ira Puspita? Berikut ulasan profilnya!

Profil Maaike Ira Puspita

Maaike Ira Puspita bisa dibilang merupakan sosok baru di dunia sepak bola Tanah Air. Dia ditunjuk sebagai Wakil Sekretaris Jenderal PSSI pada Januari 2020.

Ia adalah istri dari Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Muhammad Sandy Hermawan. Lantas, ada hubungan apa antara ketiganya? Iwan Bule merupakan kakak kandung dari Sandy Hermawan.

Penunjukkan ini guna membantu Ratu Tisha Destria dalam menjalankan tugas di bagian administrasi dan kegiatan lain dalam struktur kesekjenan PSSI. Awal keterlibatannya, Maaike Ira Puspita diminta untuk mendampingi Sekjen PSSI menghadapi gelaran Piala Dunia U-20 2021.

Meski pada akhirnya gelaran Piala Dunia U-20 harus diundur ke tahun 2023, peran Maaike untuk mengawal ajang besar di Indonesia ini cukup vital.

Hal ini selaras dengan ambisi besar yang dimiliki oleh Maaike Ira Puspita untuk sepak bola Indonesia. Maaike Ira Puspita berharap skuad Garuda dapat selalu menampilkan yang terbaik dan bisa meningkatkan prestasi baik di tingkat Asia Tenggara, Asia, dan tingkat dunia.

(Aditia Rizki Nugraha)

Load More