Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia U-20 saat lawan Al Adalah FC. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong membongkar penyebab kekalahana anak asuhnya dari klub Arab Saudi, Al Adalah dalam laga uji coba yang digelar, Minggu (13/11/2022).

Pada pertandingan semalam, Timnas Indonesia U-20 kalah 0-2 dari Al Adalah FC. Ini menjadi kekalahan kedua Skuad Garuda Nusantara selama mengikuti uji coba di Turki,

Menurut Shin Tae-yong, Skuad Garuda memiliki tiga kekurangan yang perlu segera diperbaiki setelah bertanding lawan Al Adalah.

"Pertama adalah soal operan, lalu serangan balik dan mencari ruang," ujar Shin, dikutip dari keterangan PSSI yang diterima di Jakarta, Minggu (13/11) malam.

Shin Tae-yong melanjutkan Timnas Indonesia U-20  beberapa kali keliru dalam mengambil keputusan kapan harus melepaskan umpan ke rekan.

Kemudian, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan juga dianggapnya masih lambat saat membangun serangan balik.

"Ketika mendapatkan bola dari lawan, 'counter attack' harus dilakukan dengan cepat," tutur Shin.

Terakhir, Timnas Indonesia U-20 dinilainya belum memahami sepenuhnya soal penciptaan ruang di tengah permainan.

"Jika menemukan ruang kosong, pemain mesti datang untuk mengisinya dan menunggu operan ke sana," pungkas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Timnas Indonesia  U-20 menuntaskan rangkaian pemusatan latihan (TC) di Turki, yang dimulai 16 Oktober 2022, pada Minggu (13/11).

Setelah itu, skuad Garuda Nusantara dijadwalkan berangkat ke Spanyol pada Senin (14/11) dan Selasa (15/11) untuk melanjutkan TC sekaligus mengikuti beberapa pertandingan uji coba.

Selama TC di Turki, Timnas U-20 melakukan tujuh laga uji coba, di mana tiga di antaranya berakhir dengan kemenangan untuk Indonesia, dua seri dan dua kalah.

Indonesia mengalahkan Cakallikli Spor dengan skor 2-1, Moldova (3-1) dan Antalyaspor (3-2). Selain itu, timnas U-20 menahan imbang tanpa gol Moldova dan seri 3-3 dengan tim U-20 Baerum SK. Kekalahan datang saat menghadapi Turki (1-2) dan Al Adalah FC (0-2).

Timnas U-20 Indonesia diagendakan berlatih dan beruji coba di Turki serta Spanyol selama sekitar dua bulan, mulai pertengahan Oktober 2022, sebagai persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

(Antara)

Load More