Rauhanda Riyantama
Boaz Solossa (instagram)

Bolatimes.com - Saat ini cukup banyak pesepak bola Indonesia yang berkarier di luar negeri. Bahkan sejumlah nama pemain mampu bersaing dan mendapat menit bermain yang reguler.

Beberapa nama di antaranya ada Witan Sulaeman yang bermain di Slovenia bersama AS Trencin, kemudian ada Asnawi Mangkualam yang bermain di Korea Selatan bersama Ansan Greeners.

Belum lagi ada Elkan Baggott yang tengah tampil impresif di Inggris bersama Gillingham. Ketiga pemain ini hanya beberapa nama yang sekarang sedang mengadu nasib di negeri orang.

Baca Juga:
Kalahkan Desta di Tiba Tiba Tenis, Raffi Ahmad: Pukulan Hilang Semua, Sorry Coach

Sebelum mereka, ternyata ada pemain-pemain sepak bola Indonesia lainnya yang sudah lebih dulu berkarier di luar negeri. Namun sayang, karier mereka tak berlangsung lama di luar negeri.

Siapa saja pemain tersebut? Berikut ulasannya!

1. Ilham Jaya Kesuma

Baca Juga:
Kapten Gillingham FC Salut dengan Kecerdasan Elkan Baggott dalam Jaga Lini Pertahanan saat Lawan Brentford

Kiper Timnas Singapura, Lionel Lewis (kanan) mencoba menangkap bola sepakan pemain Timnas Indonesia, Ilham Jaya Kesuma (tengah) dan pemain Singapura Baihakki bin Khaizan (kiri) menyaksikan di Final Tiger Cup di Jakarta, 08 Januari 2005. (AFP/ ADEK BERRY)

Di era 2000-an, Timnas Indonesia memiliki banyak striker hebat yang salah satunya adalah Ilham Jayakesuma. Dia juga tampil luar biasa bersama Persita Tangerang di level klub.

Dia pernah bermain di berbagai klub besar Indonesia seperti Persita, Persisam, Mitra Kukar hingga bermain di Malaysia bersama Selangor pada 2006.

Sayangnya, Ilham mengalami cedera cukup serius sehingga tidak banyak mendapat kesempatan bermain untuk Selangor.

Baca Juga:
Tiba Tiba Tenis: Raffi Ahmad Bungkam Desta Dua Set Langsung

2. Budi Sudarsono

Mantan penyerang Timnas Indonesia di Piala AFF 2008, Budi Sudarsono. (Adek Berry/AFP).

Sosok yang biasa dikenal dengan julukan Budi Piton ini juga merupakan salah satu striker legendaris milik Indonesia. Dia pernah menjadi kampiun Liga Indonesia bersama Persija Jakarta dan bermain di berbagai klub besar lainnya.

Setelah malang melintang di klub Indonesia, Budi Sudarsono sempat merantau ke Liga Malaysia dengan bergabung bersama PDRM FA di tahun 2007. Tapi, Budi cuma bertahan satu musim di sana.

Baca Juga:
Hasil Superpole Race WSBK Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika: Toprak Razgatlioglu Di Puncak, Jonathan Rea Posisi Dua

3. Dedi Kusnandar

Gelandang Persib Bandung, Dedi Kusnandar. (Instagram/dedikusnandar11)

Pemain yang kini membela Persib Bandung ini tercatat pernah bermain di Malaysia bersama Sabah FC pada 2016. Dia pergi ke Negeri Jiran setelah kompetisi di Indonesia terhenti karena sanksi FIFA.

Namun, Dedi tak bertahan lama dan memutuskan pulang lagi ke Persib pada Desember 2016. Bersama Sabah, Dedi bermain 21 kali dengan torehan 3 gol.

4. Iswadi Idris

Legenda Persija Jakarta, Iswadi Idris. (Twitter)

Sebelum era sepak bola modern, ada pesepakbola Indonesia di era 1970-an yang sudah pernah mencatatkan karier di luar negeri.

Adalah Iswadi Idris yang mencoba peruntungan bermain di Australia bersama Western Suburbs Club (WSC) pada 1974. Idris tak bertahan lama dan memutuskan pulang pada 1975.

5. Boaz Solossa

Pemain Timnas Indonesia asal Papua, Boaz Solossa. [suara.com]

Ketika sepak bola Indonesia disanksi oleh FIFA, Boaz sempat mencoba peruntungan dengan bermain ke luar negeri. Adalah klub asal Timor Leste, Carsae FC, yang dibelanya pada 2016.

Namun, Boaz cuma bertahan beberapa bulan saja di sana dan memutuskan pulang ke Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More