Husna Rahmayunita
Sandy Walsh dan Jordi Amat memegang syal Indonesia. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Formasi gahar yang akan tercipta di Timnas Indonesia andai Jordi Amat dan Sandy Walsh tuntas dinaturalisasi dan bisa membela skuad Garuda.

Sebagaimana diketahui, impian pendukung Timnas Indonesia melihat Jordi Amat dan Sandy Walsh berseragam Merah Putih makin dekat menjadi kenyataan.

Sebab beredar kabar bahwa berkas-berkas naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh telah diterima sesuai Keputusan Presiden (Keppres).

Sehingga, kedua pemain tersebut pun tinggal diambil sumpahnya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) sebelum nantinya sah menjadi WNI.

Karena tinggal diambil sumpah, bisa dikatakan naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh tinggal selangkah lagi selesai.

Hal ini pun membuat keduanya berpotensi masuk skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 yang akan berlangsung pada Desember nanti.

Jika keduanya bergabung, tak pelak Shin Tae-yong selaku pelatih akan memiliki banyak opsi pemain berkualitas di skuadnya.

Dengan bakal bergabungnya Jordi Amat dan Sandy Walsh, kira-kira bagaimana formasi Timnas Indonesia dengan kehadiran keduanya? Berikut ulasannya.

1. Formasi 3-4-3

Formasi tiga bek bukanlah formasi yang asing bagi Shin Tae-yong. Terkadang, juru taktik asal Korea Selatan ini menggunakan formasi tersebut, termasuk pada Kualifikasi Piala Asia 2023 lalu.

Dengan formasi tiga bek ini, baik Jordi Amat dan Sandy Walsh bisa menempati barisan tiga bek, di mana keduanya akan menemani Elkan Baggott di depan kiper.

Meski Sandy Walsh berposisi asli sebagai bek kanan, namun pengalamannya dalam bertahan bisa membuatnya menempati posisi tiga bek itu, sehingga Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan bisa menempati posisi Wing Back.

Timnas Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata; Sandy Walsh, Jordi Amat, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan; Saddil Ramdani, Dimas Drajad, Witan Sulaeman.

2. Formasi 4-3-3

Jika menggunakan formasi 4-3-3, maka kehadiran Sandy Walsh akan menggusur posisi Asnawi Mangkualam yang biasanya menempati bek kanan.

Sebab, dengan formasi ini maka kuartet bek akan diisi oleh Sandy Walsh, Jordi Amat, Elkan Baggott dan Pratama Arhan. Asnawi akan tergusur karena kualitas Sandy Walsh yang bisa menyerang dan bertahan sama baiknya.

Selain Asnawi yang tergusur, Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho juga akan tergusur oleh Jordi Amat yang punya pengalaman di level Eropa.

Timnas Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Sandy Walsh, Jordi Amat, Elkan Baggott, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Saddil Ramdani, Dimas Drajad, Witan Sulaeman.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More