Husna Rahmayunita
Klub Norwegia Baerum SK. (Instagram/@baerum_sk)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh klub Norwegia, Baerum SK, yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia U-20 pada laga uji coba terakhirnya di Turki.

Timnas Indonesia U-20 memang sudah mengakhiri pemusatan latihan (TC) di Turki yang telah berlangsung sejak Oktober 2022 lalu.

Namun, hingga saat ini skuad Garuda Nusantara masih tertahan di Turki sebelum nantinya terbang ke Spanyol untuk berpartisipasi di Costa Calida Supercup.

Sehingga jeda waktu sebelum terbang ke Spanyol ini pun dimanfaatkan Timnas Indonesia U-20 untuk beruji tanding kembali.

Setelah melakoni lima laga uji coba di Turki, kini Timnas Indonesia U-20 pun akan menjalani laga uji tanding keenamnya melawan klub Norwegia, Baerum SK.

Laga melawan Baerum SK sendiri akan berlangsung di Antalya, Turki. Dijadwalkan laga tanding ini akan berlangsung pada Jumat (11/11) pukul 20.00 WIB.

Uji coba yang terkesan mendadak ini pun menyita perhatian banyak penikmat sepak bola Indonesia, terutama mengenai sepak terjang Baerum SK yang akan jadi lawan tandingnya.

Profil Baerum SK: Tim Kasta Ketiga Norwegia

Baerum SK merupakan klub asal Norwegia yang tergolong klub tertua. Pasalnya, klub ini sendiri lahir sejak 112 tahun silam, tepatnya pada 26 Maret 1910.

Klub ini sendiri berasal dari wilayah Sandvika, yang merupakan pusat kota dari Baerum. Saat pertama kali berdiri, klub ini memiliki nama Grane FK.

Namun seiring berjalannya waktu, Baerum SK berubah-ubah nama menjadi Grane SK agar lebih menyeluruh, kemudian berganti menjadi IL Molde pada 1946 usai merger dengan Sandvika AlL.

Setelah mengalami perubahan nama, pada akhirnya terpilihlah nama Baerum SK yang merepresentasikan kota Baerum.

Baerum SK sendiri dulunya tak berfokus pada sepak bola saja. Klub ini merupakan komunitas olahraga yang juga berkiprah di hoki es, bola tangan, serta Bandy.

Kini, klub Baerum SK pun hanya berfokus pada olahraga sepak bola semata dan mulai berkiprah di sepak bola Norwegia.

Dalam kiprahnya di sepak bola, Baerum SK tak punya catatan atau prestasi mentereng. Pencapaian terbaik sepanjang sejarah klub ini adalah mengalahkan tim kasta teratas, Valerenga di Piala Liga Norwegia.

Di kompetisi Norwegia sendiri, Baerum SK lebih banyak bermain di kasta terbawah. Tercatat sejak 2002 hingga 2022, klub ini naik turun kasta kedua dan ketiga.

Saat ini, Baerum SK bermain di kasta ketiga sepak bola Norwegia. Untuk musim 2022 ini, Baerum SK hanya menduduki peringkat ke-10.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More