Husna Rahmayunita
Sandy Walsh dan Jordi Amat mulai latihan bersama timnas Indonesia di Stadion Sidolig, Jumat (27/5/2022) sore WIB. [PSSI]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia berpeluang besar mendapatkan bantuan dari dua pemain naturalisasi, Jordi Amat dan Sandy Walsh, saat menghadapi gelaran Piala AFF 2022.

Pasalnya, jika merujuk pada tenggat waktu yang disediakan oleh penyelenggara Piala AFF 2022, Jordi Amat dan Sandy Walsh masih memiliki kesempatan untuk didaftarkan sebagai pemain timnas Indonesia.

Apalagi, proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah mulai melewati sejumlah tahap dan tinggal menjalani tahap yang terakhir.

Jika tahapan-tahapan ini terus dikebut, bukan tidak mungkin Jordi Amat dan Sandy Walsh segera mendapatkan status sebagai WNI dan bisa didaftarkan timnas Indonesia untuk bermain di Piala AFF 2022.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Jordi Amat dan Sandy Walsh berpeluang besar memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

1. Naturalisasi Telah Disetujui Presiden

Proses pemberian status warga negara Indonesia untuk Jordi Amat dan Sandy Walsh akhirnya mendapat lampu hijau dari Presiden Joko Widodo.

Persetujuan ini diwujudkan dalam terbitnya Keputusan Presiden (Keppres) yang telah resmi dikeluarkan pada Rabu (9/11/2022). Keppres itu juga telah diserahkan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Nantinya, Keppres ini akan ditindaklanjuti oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang dipimpin oleh Yasonna Laoly.

2. Hanya Tinggal Disumpah

Setelah naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh disetujui lewat Keppres, satu proses tersisa yang harus dijalani keduanya ialah menjalani sumpah sebagai warga negara Indonesia.

 “Ada informasi, saya baru saja menerima Keppres tentang Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah ditandatangani dan tinggal proses sumpah. Suratnya sudah ada di meja saya,” ujar Zainudin Amali.

Meskipun demikian, Menpora belum bisa memastikan tanggal pengambilan sumpah dua pemain tersebut karena menurutnya hal itu menjadi wewenang Kemenkumham.

Yang jelas, Menpora berharap kedua pemain tersebut proses naturalisasinya bisa segera tuntas agar bisa memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

3. Masih Ada 9 Hari Pendaftaran

Jika merujuk pada deadline pendaftaran pemain untuk Piala AFF 2022, Jordi Amat dan Sandy Walsh masih memiliki waktu yang cukup untuk bisa didaftarkan timnas Indonesia.

Pasalnya, tenggat waktu pendaftaran pemain untuk Piala AFF 2022 akan jatuh pada 20 November 2022. Artinya, masih ada waktu selama sembilan hari hingga tenggat tersebut.

Oleh karena itu, prosesi sumpah WNI harus segera dilakukan agar Jordi Amat dan Sandy Walsh segera memiliki paspor dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia.

Dua syarat ini sangat penting sebagai bukti bahwa dua pemain keturunan itu telah resmi menjadi warga negara Indonesia dan memenuhi syarat memperkuat timnas Indonesia.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More