Husna Rahmayunita
Taufik Suparno, pemain berdarah Indonesia yang kini main di Timnas Singapura. (Dok. FAS)

Bolatimes.com - Dari 29 pemain yang dipanggil Timnas Singapura untuk menghadapi Piala AFF 2022, salah satu nama yang mencuri perhatian ialah Taufik Suparno.

Pasalnya, Taufik Suparno yang posisi bermainnya sebagai penyerang sayap ini merupakan pemain timnas Singapura yang memiliki garis keturunan Indonesia.

Taufik Suparno menjadi salah satu nama pemain yang dipilih pelatih timnas Singapura, Takayuki Nishigaya, untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di luar negeri.

Rencananya, Taufik Suparno dan kawan-kawan bakal melakukan perjalanan menuju Chiba, Jepang, untuk menjalani TC dari 1 hingga 12 Desember 2022.

Sebetulnya, Taufik Suparno bukanlah nama yang asing bagi pecinta sepak bola Indonesia. Sebab, dia merupakan pemain keturunan yang telah memilih kewarganegaraan Singapura.

Menurut kabar, garis keturunan Indonesia didapatkan Taufik Suparno dari ayahnya. Sementara itu, ibu kandungnya merupakan warga negara Singapura.

Sejak masih berusia muda, penyerang kelahiran 31 Oktober 1995 ini sudah menimba ilmu bersama National Football Academy (NFA) di Singapura.

Sebagai informasi, NFA merupakan sebuah akademi sepak bola yang berada di bawah naungan Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) yang telah dibentuk sejak 13 Agustus 2000.

Setelah itu, Taufik memilih bergabung dengan Tampines Rovers. Di sana, kariernya bermula sejak tahun 2013. Namun, tak banyak kesempatan bermain yang dia dapat.

Setelah itu, dia bergeser ke Young Lions, klub sepak bola yang juga berada di bawah kendali langsung dari FAS, pada tahun 2015.

Setelah dua musim di sana, dia kembali memperkuat Tampines Rovers dan mulai mendapatkan menit bermain yang reguler bersama klub ini.

Salah satu kiprah terbaiknya bersama Tampines Rovers ialah mencetak tiga gol pada tiga penampilan awalnya di Liga Super Singapura musim 2022.

Hingga akhir musim, dia menjadi pencetak gol terbanyak turnamen itu dengan torehan 12 gol dari 27 penampilan di Liga Super Singapura 2022.

Di level tim nasional, Taufik Suparno sudah mendapatkan panggilan pertamanya sejak tahun 2015 ketika masih berada di bawah asuhan pelatih Bernd Stange.

Namun, debutnya bersama The Lions, julukan timnas Singapura, baru tercipta pada 26 Maret 2022 ketika Singapura menang 2-1 atas Malaysia pada ajang FAS Tri-Nations Series 2022.

Sejauh ini, Taufik Suparno hanya bisa menorehkan lima penampilannya bersama timnas Singapura. Dari semua laga itu, hanya satu yang berstatus laga resmi, sedangkan empat lainnya sebatas persahabatan internasional.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More