Irwan Febri Rialdi
Leonardo Medina, pelatih anyar Persis Solo. [Dok Persis Solo]

Bolatimes.com - Setelah melewati beberapa waktu tanpa pelatih kepala definitif, Persis Solo akhirnya mengumumkan Leonardo Medina sebagai nakhoda barunya untuk hadapi Liga 1 2022-2023.

Penunjukan Leonardo Medina sebagai juru taktik terbaru Persis Solo ini juga telah diumumkan secara resmi oleh manajemen klub itu pada Jumat (14/10/2022). 

Dengan kata lain, Laskar Sambernyawa telah resmi memiliki pelatih tetap alias definitif setelah sebelumnya diasuh oleh Rasiman yang berstatus sebagai pelatih interim.

Leonardo Medina pun cukup senang melihat kualitas pemain yang dimiliki oleh klub asal Kota Bengawan itu. Menurutnya, kombinasi pemain muda dan senior sangat menarik untuk diramu jadi kekuatan baru.

“Saya juga telah mengenal Fernando sebelumnya bermain untuk Johor Darul Takzim II dan telah melihat cuplikan beberapa pemain, kita memiliki komposisi yang sangat baik untuk menghadapi kompetisi,” kata Leonardo dalam keterangannya.

Profil Leonardo Medina

Leonardo Medina merupakan lelaki yang lahir di Montevideo, Uruguay, pada 30 Mei 1977. Dia memiliki rekam jejak yang panjang di dunia sepak bola.

Bahkan, lelaki bernama lengkap Leonardo Andres Medina Gutierrez itu sudah sering berpindah-pindah negara untuk mencicipi kompetisi sepak bola setempat, khususnya di kawasan Amerika Selatan.

Di Uruguay, dia tercatat pernah memperkuat Sud America, Rentistas, Depor Colonia, Liverpool FC, Miramar,CA Cerro, hingga Rampla Jrs.

Setelah itu, dia pernah bergeser ke Kolombia untuk memperkuat Real Cartagena dan Pareira. Di Mexico, Medina pernah bermain untuk Jaguares. Lalu saat berkarier di Chile, dia sempat singgah di Audax Italiano.

Setelah itu, ia juga tercatat pernah merumput bersama Huracan (Argentina), Oriente Petrolero (Bolivia), hingga Cienciano (Kanada).

Adapun di dunia racik strategi, pelatih yang telah mengantongi lisensi UEFA Pro ini lebih banyak berkiprah sebagai asisten pelatih dan Direktur Akademi.

Dia tercatat pernah menjadi asisten pelatih Tiburones Rojos (2012), Direktur Akademi Amerika JGD (2013-2016), hingga Direktur Akademi Monarcas Morelia (2015-2017).

Selanjutnya, ia menjabat sebagai Direktur Olahraga Real Zamora (2017-2018), pelatih kepala Amerika JGD (2018) dan asisten pelatih Johor Darul Takzim (2019-2022).

Selama berkarier di Liga Super Malaysia bersama Johor Darul Takzim (JDT), Leonardo Medina merupakan sosok penting yang menjadi tangan kanan Benjamin Mora.

Sebelumnya, Benjamin Mora sempat disebut-sebut bakal digoda Persis Solo untuk mengisi kursi kepelatihan yang ditinggalkan oleh Jacksen F Tiago.

Namun, kabar tersebut akhirnya batal terwujud setelah Benjamin Mora memilih pulang kampung ke Meksiko untuk menukangi klub lokal, Atlas FC.

Selama membantu Benjamin Mora di kursi kepelatihan JDT, Leonardo Medina sudah berhasil mempersembahkan dua gelar Liga Super Malaysia dan satu juara Piala FA Malaysia.

Kini, yang terbaru, Leonardo Medina akan memimpin para pemain Persis Solo menghadapi Johor Darul Takzim pada laga uji coba persahabatan sekaligus menggelar pemusatan latihan di Negeri Jiran.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More