Selasa, 07 Februari 2023
Irwan Febri Rialdi : Rabu, 09 November 2022 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Shayne Pattynama kembali jadi perbincangan setelah Komisi X DPR RI menyetujui naturalisasinya untuk membela Timnas Indonesia.

Rapat tersebut dihadiri oleh Menpora Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dan jajaran Komisi X. Sementara Shayne Pattynama hadir secara virtual.

Shayne Pattynama dipastikan menyusul Jordi Amat dan Sandy Walsh yang telah mengantongi persetujuan alih kewarganegaraan sebelumnya dan kini proses naturalisasinya menuju tahap akhir.

Kabar ini sekaligus menjadi penantian panjang Shayne yang terus melempar kode ingin membela Timnas Merah Putih. Dikabarkan bahwa Shayne diminta langsung oleh Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi.

Dalam raker Komisi X DPR RI itu, Shayne Pattynama juga hadir via daring. Ia mengaku sudah tak sabar untuk membela skuad Garuda. "Terima kasih banyak. Saya antusias dengan masa depan sepak bola Indonesia, saya ingin berkontribusi untuk timnas Indonesia," ucap Pattynama.

Munculnya nama Shayne Pattynama sebagai calon pemain keturunan yang akan direkrut untuk timnas Indonesia pertama kali disampaikan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, sejak awal tahun ini.

Menilik rekam jejaknya, Shayne Pattynama punya pengalaman mumpuni bermain di kompetisi Eropa. Shayne Pattynama merupakan pesepak bola yang tercatat lahir di Lelystad, Belanda, pada 11 Agustus 1998.

Pemain berusia 23 tahun ini memiliki posisi bermain di sektor bek kiri. Dia mengawali perjalannya berlatih sepak bola bersama sejumlah akademi seperti SV Lelystad, Jong Ajax.

Saat masih berada di Ajax, ada momen menarik ketika Pattynama menjadi anak gawang atau ball boy dalam pertandingan Ajax di tahun 2011.

Saat itu merupakan tahun terakhir Luis Suarez bermain untuk Ajax. Ada momen di mana Shayne Pattynama bisa berfoto dengan Suarez.

Kemudian 11 tahun berlalu sejak momen tersebut, Shayne Pattynama menjelma sebagai pesepakbola profesional. Setelah dari Ajax, dia pindah ke Jong Utrecht lalu pergi ke SC Telstar.

Setelah dua musim berkiprah bersama SC Telstar di Eerste Divisie, Shayne mencari tantangan baru untuk meniti karier di Norwegia bersama Viking FK. Kepindahan itu tercatat pada April 2021.

Musim ini, Shayne Pattynama mendapat banyak kesempatan di Viking Fk dengan tampil sebanyak 25 kali dengan catatan 1 assist.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

BACA SELANJUTNYA

Marselino Terancam Tak Bela Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 2023, Empat Pemain Ini jadi Opsinya