Irwan Febri Rialdi
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com -  Seluruh lawan yang akan dihadapi timnas Indonesia di fase penyisihan Grup A Piala AFF 2022 akhirnya telah resmi komplet.

Yang terbaru, satu lawan tersisa yang bakal menjadi lawan timnas Indonesia di Grup A Piala AFF 2022 ialah Brunei Darussalam yang sukses menumbangkan Timor Leste di fase kualifikasi.

Brunei Darussalam dipastikan lolos ke Piala AFF 2022 seusai menang dengan agregat 6-3. Pada leg pertama, mereka menggasak Timor Leste 6-2, sebelum tumbang 0-1 pada leg kedua.

Dengan demikian, kini lima peserta yang bakal bersaing di Grup A Piala AFF 2022 ialah Thailand, Indonesia, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Sementara itu, persaingan yang tersaji di Grup B Piala AFF 2022 akan diramaikan oleh Vietnam, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Laos.

Dari empat pertandingan yang tersaji, timnas Indonesia bakal menjalani dua laga tandang dan dua laga kandang di Grup A Piala AFF 2022.

Untuk pertandingan kandang, skuad Merah Putih bakal menyelenggarakannya ketika berjumpa Kamboja pada laga pertama dan Thailand pada laga ketiga.

Sementara itu, laga tandang yang harus dilakoni anak asuh Shin Tae-yong berlangsung ketika mereka melawat ke markas Brunei Darussalam dan Filipina.

Sampai saat ini, timnas Indonesia belum juga memulai persiapannya untuk menghadapi kejuaraan tersebut, baik menggelar pemusatan latihan atau merancang agenda uji coba.

Tak hanya itu saja, PSSI sejauh ini juga belum mengumumkan stadion mana yang akan dipilih untuk menjadi kandang skuad Merah Putih di Piala AFF 2022.

Sebetulnya, ada beberapa opsi yang bisa dipilih oleh federasi untuk kandang tim nasional, yakni Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), dan Jakarta International Stadium (Jakarta).

Masalah yang dihadapi timnas Indonesia tak hanya berhenti di situ saja. Sebab, sejumlah nama pemain naturalisasi yang rencananya memperkuat Merah Putih belum bisa dipastikan nasibnya.

Mereka masih harus melewati sejumlah prosedur dan alur administrasi sebelum bisa disumpah menjadi warga negara Indonesia dan memenuhi syarat untuk bermain bersama timnas Indonesia.

Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Grup A Piala AFF 2022

23 Desember 2022: Indonesia vs Kamboja

26 Desember 2022: Brunei Darussalam vs Indonesia

29 Desember 2022: Indonesia vs Thailand

2 Januari 2023: Filipina vs Indonesia

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More