Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Shayne Pattynama. [dok. PSSI]

Bolatimes.com - Komisi X DPR menyetujui naturalisasi Shayne Pattynama untuk membela Timnas Indonesia dalam rapat bersama yang digelar Selasa (8/11/2022).

Rapat tersebut dihadiri oleh Menpora Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dan jajaran Komisi X. Sementara Shayne Pattynama hadir secara virtual.

Shayne Pattynama dipastikan menyusul Jordi Amat dan Sandy Walsh yang telah mengantongi persetujuan alih kewarganegaraan sebelumnya dan kini proses naturalisasinya menuju tahap akhir.

"Komisi X memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Shayne Pattynama," kata Hetifah Sjaifudian selaku pimpinan rapat sekaligus Wakil Ketua Komisi X DPR.

"Dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkam oleh instansi berwenang berdasarkan undang-undang yang berlaku di Tanah Air," sambungnya.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali bersyukur Komisi X DPR RI menyetujui Shayne Pattynama untuk dinaturalisasi.

Menurutnya, pemain Viking FK itu diminta lamgsung Pelatih Shin Tae-yong untuk mengangkat prestasi Timnas Indonesia.

Menpora juga menekankan proyek naturalisasi ini adalah program jangka pendek. Ke depan pihaknya akan lebih konsen kepada pembinaan.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada Komisi X yang setuju permohanan kewargamegaraan ini. Semua catatan yang disampailam akan menajdi catatan kami," ujar Menpora.

"Naturalisasi cabor olahraga itu jangka pendek. Jangka panjang kita pembinaan. Ini jangka pendek. Khusus sepakbola ada kepentingan mendesak."

"Tim senior kita butuh tingkatkan ranking FIFA. Kita butuh pemain buat naturalissi sepertu Shayne ini," pungkasnya.

Load More