Irwan Febri Rialdi
Potret pemain Timnas Indonesia U-19 saat kalah 1-2 lawan Turki U-20 dalam laga uji coba. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Hasil imbang timnas Indonesia U-20 saat melawan Moldova U-20 dalam laga uji coba di Turki bukan berarti tak membuahkan hasil positif bagi anak asuh Shin Tae-yong.

Meski timnas Indonesia U-20 gagal meraih kemenangan, performa impresif ditunjukkan anak-anak di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Dalam pertandingan yang digelar pada Jumat (4/11/2022) para pemain timnas Indonesia U-20 dinilai lebih banyak membuat tekanan untuk lawan.

Hasil imbang ini juga menutup rangkaian pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia U-20 di Turki, untuk kemudian berlanjut ke Spanyol, tepatnya di Malaga.

Terlepas dari itu, terdapat 3 hasil positif didapatkan skuad asuhan Shin Tae-yong saat bermain imbang melawan Moldova, apa saja? berikut di antaranya.

1. Possesion Ball

Para pemain timnas Indonesia U-20 sukses menampilkan penguasaan bola di laga kedua uji coba melawan Moldova, bahkan keunggulan ini muncul konsisten di babak pertama dan kedua.

Kondisi ini tentu menjadi salah satu hal positif timnas Indonesia U-20, umpan-umpan pendek semakin menjadi ciri khas dalam membongkar lini pertahanan.

2. Layaknya Gegenpress

Pressing ketat di era sepak bola modern sangat kental dengan Juergen Klopp dan Liverpool, begitulah permainan Marselino Ferdinan dkk di laga kedua uji coba melawan Moldova.

Lewat pressing ketat kemudian dilanjutkan dengan serangan balik semakin menjadi kunci permainan timnas Indonesia U-20.

Meskipun masih ada pekerjaan rumah yang harus diperbaiki, yakni kesalahan dalam mendistribusikan bola ke lini depan.

3. Rotasi Pemain dan Permainan

Tak hanya dari segi rotasi pemain, mengingat sejumlah pemain yang absen di uji coba pertama diberikan kesempatan bermain di uji coba kedua.

Namun perubahan ini tidak membuat performa timnas Indonesia U-20 menurun drastis, bahkan tidak berdampak pada rotasi permainan.

Kualitas permainan yang cukup terogranisir lewat umpan kaki ke kaki, ini semakin menunjukkan Shin Tae-yong memiliki alternatif pemain andalan lain.

Kontributor: Eko
Load More