Arif Budi Setyanto
Pemain Timnas Malaysia, Dion Cools. (Instagram/@djcools21)

Bolatimes.com - Bek naturalisasi Malaysia, Dion Cools dikabarkan bakal absen di Piala AFF 2022. Ini merupakan kabar baik bagi timnas Indonesia karena pesaingnya tidak akan diperkuat skuad terbaiknya.

Piala AFF 2022 akan digelar pada Desember mendatang. Beberapa tim sudah melakukan persiapan matang untuk meraih hasil terbaik.

Meski begitu, tim-tim pesaing timnas Indonesia juga mendapatkan kabar buruk. Sebab mereka tidak akan diperkuat pemain-pemain terbaiknya.

Baca Juga:
PT LIB Ungkap Liga 1 akan Segera Dilanjutkan, tapi Formatnya Enggak Tahu

Pertama adalah Chanathip Songkrasin yang memutuskan absen membela Thailand. Bukan hanya itu, Vietnam juga berpotensi tak diperkuat oleh Nguyen Quang Hai yang berkarier di Prancis bersama Pau FC.

Kini muncul lagi kabar bahwa satu pemain bintang bisa absen di Piala AFF 2022. Adalah bek naturalisasi Malaysia, Dion Cools yang disebut tidak akan ikut serta dalam ajang antarnegara Asia Tenggara.

Potensi absennya Dion Cools ini karena masalah Piala AFF 2022 yang tidak masuk kalender FIFA. Sehingga pihak klubnya disebut tidak akan melepas sang pemain.

Baca Juga:
Banyak Peluang, Timnas Indonesia U-20 Cuma Main Imbang Lawan Moldova di Uji Coba Jilid 2

"FAM telah melakukan diskusi dengan Jablonec tentang kasus Cools dan berharap mereka setuju melepaskan pemain ke Piala AFF. Namun, sepertinya keinginan ini tidak akan diterima karena Liga Ceko memasuki periode penting di penghujung tahun," tulis laporan Arena Metro disadur pada Sabtu (5/11/2022).

Respons Dion Cools yang hanya main satu laga dan tersingkir di Piala AFF 2020. (Instagram/djcools21)

Tentu jika Dion Cools absen, Kim Pan-gon akan pusing memikirkan penggantinya. Sebab, pemain berusia 26 tahun ini menjadi salah satu kunci kesuksesan Harimau Malaya.

"Cools selalu menunjukkan semangatnya untuk timnas saat ia terbang jauh bermain dengan timnas. Dampak pemain Malaysia-Belgia ini jelas. Dia membantu pertahanan dengan baik dan tampil kokoh membantu Malaysia lolos ke Piala Asia 2023," imbuh laporan itu.

Baca Juga:
Hasil Laga Uji Coba Timnas Indonesia U-20 vs Moldova U-20 Jilid II: Garuda Nusantara Ditahan Imbang

Jika Dion Cools benar absen, maka keuntungan bisa dimiliki timnas Indonesia. Garuda Nusantara sendiri tampaknya bisa diperkuat pemain naturalisasi Elkan Baggott.

Shin Tae-yong tinggal menunggu kabar dari Jordi Amat dan Sandy Walsh jika memang proses naturalisasi mereka selesai tepat waktu.

Sementara itu, Malaysia tergabung di Grup B Piala AFF bersama Vietnam, Myanmar, Singapura, dan Laos. Sedangkan timnas Indonesia ada di grup A bertemu Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang playoff antara Brunei Darussalam vs Timor Leste.

Baca Juga:
Ingat David Luiz? Penampilan Barunya Kini Tengah Menjadi Sorotan

Load More