Irwan Febri Rialdi
Kaesang Pangarep dan Azrul Ananda saat bertemu di Balai Kota Solo, Senin (24/10/2022). [Suara.com/Ari Welianto]

Bolatimes.com - Berikut tiga kandidat yang cocok menjadi Direktur Utama (Dirut) baru PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) seiring bakal digelarnya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

PT LIB mengambil langkah tegas untuk menggelar RUPS usai mengadakan pertemuan dengan pemilik dan pengelola klub Liga 1 di Jakarta, Jumat (4/11).

Dalam pertemuan ini Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, menyebutkan bahwa pihaknya mendapat masukan-masukan dari para pemilik dan pengelola klub Liga 1.

Masukan-masukan ini disebutnya sebagai bagian dari agenda Pra-RUPS yang akan diselenggarakan pada 15 November 2022 mendatang.

Dalam pertemuan ini, disepakati agenda-agenda yang akan jadi pembahasan RUPS. Agenda tersebut antara lain laporan keuangan per Oktober 2022, kelanjutan kompetisi, dan perubahan komposisi di jajaran komisaris dan direksi PT LIB.

Agenda ketiga itu menjadi salah satu agenda paling vital dalam RUPS nanti, menyusul tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada awal Oktober lalu.

Imbas tragedi Kanjuruhan yang menelan ratusan korban jiwa itu, Direktur Utama (Dirut) PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, ditetapkan sebagai tersangka.

Hal inilah yang melandasi hadirnya agenda perubahan komposisi di jajaran komisaris dan direksi PT LIB pada RUPS 15 November 2022 mendatang.

Dengan adanya RUPS yang membahas perubahan di jajaran petinggi PT LIB, kira-kira siapa saja kandidat yang cocok menggantikan Akhmad Hadian Lukita sebagai Direktur Utama (Dirut)?

Berikut daftarnya.

1. Doni Setiabudi

Doni ‘Jalu’ Setiabudi merupakan salah satu nama yang punya rekam jejak mentereng dan bisa menjadi kandidat baru Dirut PT LIB menggantikan Akhmad Hadian Lukita.

Sosok ini punya sepak terjang mumpuni, mengingat dirinya adalah CEO dari Bandung Premier League, sebuah kompetisi liga amatir di Jawa Barat.

Bahkan, Doni Setiabudi terang-terangan mengungkapkan dirinya bersedia sebagai operator liga. Hal ini diumumkannya melalui akun media sosial Instagram-nya.

Jika para pemilik dan pengelola klub Liga 1 merasa puas dengan kinerja PT LIB sebelumnya, maka ada kemungkinan Sudjarno selaku Direktur Operasional naik tingkat menjadi Direktur Utama PT LIB.

Sudjarno sendiri pernah menjabat sebagai Plt Dirut PT LIB menggantikan Cucu Somantri yang mundur saat digelarnya RUPS medio 2020 lalu.

Rekam jejaknya sebagai petinggi kepolisian dan juga kiprahnya di PT LIB menjadi modal besar baginya naik menjadi Dirut PT LIB menggantikan Akhmad Hadian Lukita.

3. Azrul Ananda

Azrul Ananda merupakan CEO Persebaya Surabaya saat ini. Namun belakangan ia memilih mundur karena satu dua alasan pada akhir musim Liga 1 2022-2023.

Sosok satu ini bisa menjadi salah satu kandidat kuat pengganti Akhmad Hadian Lukita sebagai Dirut PT LIB pada RUPS 15 November mendatang.

Azrul Ananda bisa saja terpilih karena rekam jejaknya di dunia olahraga Indonesia. Ia punya pengalaman mengelola liga basket di Tanah Air dan juga punya pengalaman menghadirkan DBL sebagai kejuaraan basket antar sekolah yang masih eksis hingga saat ini.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More