Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia U-20 Muhammad Ferarri cetak gol saat lawan Moldova. (dok.PSSI)

Bolatimes.com - Beberapa pemain di Timnas Indonesia U-20 terpantau menonjol selama melakukan pemusatan latihan (TC) di Eropa.

Penampilan Garuda Nusantara secara tim juga dinilai semakin berkembang. Ini dibuktikan dengan keberhasilan mereka mengalahkan Moldova U-20 dengan skor 3-1 di laga uji coba.

Ini merupakan pertandingan ketiga yang dilaksanakan anak asuh Shin Tae-yong selama pemusatan latihan di Turki.  Sebelumnya, mereka berhasil menang 2-1 atas klub amatir Cakallikli Spor dan takluk 1-2 dari Turki U-20.

Menilik pemusatan latihan yang dilakukan dan dari serangkaian laga uji coba, setidaknya ada tiga pemain Timnas Indonesia U-20 yang menonjol.

1. Zanadin Fariz

Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Zanadin Fariz (kanan) terjatuh dilanggar pesepak bola Tim Nasional Filipina U-19 Antoine Ortega (kiri) dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww]

Sebagai gelandang serang, Zanadin Fariz menunjukkan perkembangan signifikan di Timnas Indonesia U-20. Visi bermainnya semakin terlihat saat mengontrol lapangan tengah bersama Arkhan Fikri.

Pemain milik Persis Solo tersebut juga bisa berkontribusi dengan memberikan assist dan ikut menyerang ke dalam kotak penalti lawan.

Dengan penampilannya tersebut, sewajarnya ia mendapatkan tempat utama di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

2. Muhammad Ferrari

Debut Muhammad Ferrari di timnas Indonesia senior menghadapi Curacao, Selasa (27/9/2022). (Instagram/PSSI)

Setelah promosi ke tim utama Persija Jakarta, karier Ferrari meroket tajam. Tak hanya naik kelas dengan cepat, ia bahkan langsung dipercaya oleh pelatih Thomas Doll untuk mengisi satu tempat di barisan belakang.

Kematangan seorang Ferrari juga semakin terlihat di Timnas Indonesia U-20. Dia bisa menjadi pemimpin barisan belakang yang kokoh dan taktis saat bermain.

Jika Ferrari bisa mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas permainannya, bukan tidak mungkin tempatnya tak akan tergusur dari lini belakang Timnas Indonesia U-20 di ajang mendatang.

3. Marselino Ferdinan

Selebrasi Marselino Fedinan usai mencetak gol ke gawang Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Sudah mencuri perhatian sejak satu tahun lalu, perkembangan Marselino Ferdinan kini semakin signifikan. Ini tidak terlepas dari kepercayaan pelatih di klubnya Persebaya Surabaya dan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Marselino kini tidak hanya difokuskan untuk bermain di lini tengah, tetapi juga berfungsi melebar ke sisi lapangan. Perubahan ini nyatanya tak mempengaruhi kualitas permainan Marselino.

Dengan perkembangan yang terus melesat, Marselino Ferdinan besar kemungkinan adalah pilihan utama Shin Tae-yong di skuad Timnas Indonesia U-20.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More