Husna Rahmayunita
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Menerka stadion yang bakal menjadi kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 setelah Gelora Bung Karno atau SUGBK tak boleh digunakan jelang Piala Dunia U-20 2023.

Sebagaimana diketahui, belakangan pendukung Timnas Indonesia mendapat kabar tak sedap dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

Pada Rabu (2/11) lalu, Zainudin Amali menyatakan bahwa Timnas Indonesia tak diizinkan menjadikan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai kandang untuk Piala AFF 2022.

Hal ini disebutkan Menteri berusia 60 tahun tersebut ke awak media. Adapun tak adanya izin yang diberikan ini lantaran SUGBK akan jadi venue Piala Dunia U-20 2023.

Sekadar informasi, SUGBK menjadi salah satu dari sekian stadion yang menjadi venue untuk mempertandingkan laga-laga di Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Karenanya, Zainudin Amali menyatakan bahwa SUGBK dan venue lainnya harus steril dari acara-acara yang ada jelang Piala Dunia U-20 2023 nanti.

Hal ini disebutnya merupakan salah satu kebijakan dari FIFA selaku penyelenggara ajang bergengsi antar pemain muda dari seluruh dunia itu.

Dengan adanya larangan menjadikan SUGBK sebagai kandang untuk Piala AFF 2022 nanti, PSSI pun harus mulai mencari stadion alternatif sebagai markas Timnas Indonesia di ajang itu.

Kira-kira, stadion mana yang layak menjadi markas Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 mendatang? Berikut daftarnya.

1. Jakarta International Stadium (JIS)

PSSI tampaknya harus segera melupakan konfliknya dengan pihak JIS saat jeda internasional lalu agar bisa menjadikan stadion tersebut sebagai kandang Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

Kebetulan JIS juga tak masuk dalam daftar venue untuk Piala Dunia U-20 2023, sehingga PSSI bisa mulai melobi Stakeholders agar bisa menjadikan stadion yang ditujukan untuk Persija Jakarta itu sebagai markas di Piala AFF 2022.

Apalagi JIS memiliki standar internasional dan juga sudah memenuhi standar FIFA yang bisa membuat Timnas Indonesia menjamu lawan-lawannya di Piala AFF 2022.

2. Stadion Pakansari

Stadion Pakansari merupakan salah satu stadion yang kerap menjadi markas Timnas Indonesia kala melakoni laga internasional.

Beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia juga menggunakan stadion yang berlokasi di Bogor itu saat menghadapi Curacao di FIFA Matchday.

Karena sudah terbiasa menggunakan stadion ini, maka tak ada salahnya PSSI menunjuk Stadion Pakansari sebagai markas Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

3. Stadion Wibawa Mukti

Masih di seputaran Jabodetabek, PSSI juga bisa menggunakan Stadion Wibawa Mukti sebagai markas Timnas Indonesia di Piala AFF 202.

Stadion yang berlokasi di Cikarang Timur ini merupakan salah satu stadion yang lolos verifikasi PT LIB. Selain itu, stadion ini memiliki Single Seat.

Stadion ini pun kerap dianggap sebagai stadion yang lebih baik dari Pakansari. Sehingga, tak ada salahnya PSSI menunjuk stadion ini.

4. Stadion Patriot Candrabhaga

Selain Wibawa Mukti, ada pula Stadion Patriot di bilangan Bekasi yang juga bisa menjadi kandang Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

Stadion Patriot sendiri merupakan salah satu stadion yang kerap dipakai untuk ajang-ajang AFF. Salah satunya adalah Piala AFF U-19 2022.

5. Stadion Batakan

Jika ingin mencoba nuansa menggelar pertandingan Timnas Indonesia di luar pulau Jawa, tak ada salahnya PSSI menunjuk Stadion Batakan, Balikpapan.

Stadion satu ini belakangan menjadi perbincangan karena desain yang dianggap modern dan juga sedap dipandang mata saat menggelar pertandingan.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More