Irwan Febri Rialdi
Presiden Arema FC Gilang Widya Pramana menyampaikan keterangan kepada wartawan di Sekretariat Arema FC, Malang, Jawa Timur, Senin (3/10/2022). [ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/rwa]

Bolatimes.com - Profil Gilang Widya Pramana alias Juragan 99 yang resmi mengundurkan diri dari jabatan Presiden Arema FC buntut Tragedi Kanjuruhan.

Kabar mengejutkan datang dari pengusaha Juragan 99 atau Gilang Widya Pramana atau juga dikenal sebagai Crazy Rich Malang.

Tepat pada Sabtu (29/10/2022) siang, Gilang Widya Pramana mengabarkan mundur dari jabatan Presiden Arema FC di Kantor Arema FC.

"Per hari ini saya menyatakan dan memutuskan saya mundur dari Presiden Arema FC." ucap Gilang Widya Pramana dalam kesempatan itu.

Kurang lebih satu setengah tahun Gilang menjabat sebagai salah satu bos klub berjuluk Singo Edan itu setelah ditunjuk pada 6 Juni 2021.

Bahkan, menariknya saat itu penunjukkan Presiden Arema FC terhadap Gilang dilakukan owner klub sekaligus bos besarnya, Iwan Budianto.

Alasan Gilang mundur dari jabatannya tentu buntut dari Tragedi Kanjuruhan, insiden yang menewaskan ratusan lebih orang dalam satu pertandingan sepak bola.

Gilang pun menjadi salah satu pihak yang diperiksa Polda Jatim terkait Tragedi Kanjuruhan, meskipun pria berkacamata itu menegaskan keputusannya mundur dari Presiden Arema FC bukan karena itu.

Ia juga menegaskan jika keputusan yang diambilnya ini bukan karena tekanan dari pihak mana pun, Gilang mengaku hal itu sebagai bentuk tanggung jawab moral.

"Tidak ada kaitannya dengan itu, pemeriksaan saya di Polda saya tetap siap dan kooperatif. Pengunduran diri tidak ada tekanan pihak manapun," ucap Gilang.

"Itu murni karena tanggung jawab moral saya, murni karena saya merasakan kesedihan, traumatis, dan saya bertanggung jawab untuk mundur." imbuhnya.

Profil Gilang Widya Pramana

Lahir pada 4 Mei 1989 di Probolinggo, memulai kariernya dalam bisnis dengan usaha cuci motor yang ditekuni sejak awal kuliah.

Usahanya itu kemudian merambah ke cuci mobil, bermodal dari penghasilannya sebagai pemandu wisata bisnis travel milik orang tuanya.

Karena itu juga Gilang akrab dengan para kru bus, pekerjan yang menuntutnya berkeliling Indoesia itu membuat munculnya ide bisnis lain.

Yakni bus pariwisata yang menjadi cikal bakal kesuksesannya dalam bisnis ini, di usianya yang ke-31 tahun Gilang sukses menjadi bos besar Juragan 99 Trans.

Usaha yang bergerak di bidang transportasi darat, bisnisnya pun tak berhenti sampai di situ hingga lahirlah MS Glow For Men di bidang kecantikan.

Namanya kian dikenal masyarakat Indonesia setelah memberi kado sang istri, Shandy Purnamasari dengan sebuah tower yang berlokasi di Pancoran, Jakarta Selatan.

Armada Juragan 99 Trans juga merupakan salah satu sponsor klub sepak bola milik relasinya, Raffi Ahmad, yakni RANS Nusantara FC.

Gilang memiliki 750 lembar saham atau senilai Rp750.000.000 di Arema FC, terbesar kedua setelah Iwan Budianto selaku Wakil Ketum PSSI.

Iwan Budianto menguasai Arema FC dengan saham mayoritas sebesar 3.750 lembar saham atau senilai Rp3.750.000.000.

Kemudian Raffi Ahmad, sebagai pemilik saham nomor tiga dengan 500 lembar saham senilai Rp500.000.000.

Kontributor: Eko
Load More