Husna Rahmayunita
Sandy Walsh dan Jordi Amat mulai latihan bersama timnas Indonesia di Stadion Sidolig, Jumat (27/5/2022) sore WIB. [PSSI]

Bolatimes.com - Proses naturaliasi Sandy Walsh dan Jordi Amat hingga kini belum rampung. Media Vietnam TheThao247 menilai kedua pemain terancam belum bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

TheThao247 menyinggung pernyataan PSSI yang menuturkan naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat diusahakan selesai pada November 2022.

Naturalisasi dua pemain keturunan itu sudah mendekati akhir, namun belum ditentukan kapan kedua menjalani sumpah menjadi warga negara Indonesia (WNI).

"Timnas Indonesia menghadapi risiko tidak bisa mendapatkan bintang Eropa untuk meningkatkan kekuatan di Piala AFF 2022," tulis TheThao247 dikutip Sabtu (29/10/2022).

Adapun Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember hingga 16 Januari 2023. Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Menurut TheThao247, selain karena naturalisasi yang belum selesai, peluang Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk membela Timnas Indonesia tipis karena Piala AFF 2022 tak termasuk agenda FIFA.

Oleh karena itu, klub tidak memiliki keharusan untuk melepas pemainnya ke Timnas Indonesia. Pun bila Timnas Indonesia menginginkan Sandy Walsh dan Jordi Amat, maka harus mendapat restu dari masing-masing klub pemain.

Jordi Amat diketahui kini merupakan pemain klub Malaysia Johor Darul Ta'zim (JDT), sedangkan Sandy Walsh penggawa klub Belgia KV Mechelen.

"Faktor lain yang membuat PSSI “melanggar rencana” menggunakan bintang Eropa di Piala AFF 2022 karena turnamen Asia Tenggara bukan bagian dari sistem kompetisi resmi FIFA, sehingga klub tidak memiliki kewajiban untuk melepaskan pasukan untuk tim nasional," pungkasnya.

Load More