Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (dok.PSSI)

Bolatimes.com - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menuturkan sejauh ini baru ada dua nama pemain keturunan yang direkomendasikan oleh Shin Tae-yong untuk naturalisasi.

Kedua pemain itu yakni Ivar Jenner dan Justin asal Belanda. Belum ada nama baru yang diajukan oleh pelatih Timnas Indonesia, karenanya PSSI masih menunggu.

Ivar Jenner dan Justin Hubner telah ke Indonesia untuk memulai proses alih kewarganegaraa. Mereka sudah mengunjungi kantor PSSI, Senin (24/10/2022) lalu wawancara dengan Badan Intelijen Negara (BIN) hingga tes kesehatan.

Sebelumnya, dilaporkan ada 11 nama pemain diserahkan Pelatih Shin Tae-yong ke PSSI buat ditindaklanjuti. Empat nama disebut sesuai kriteria termasuk Ivan Jenner dan Justin Hubner.

Sementara untuk dua lainnya belum diketahui. PSSI baru akan memberitahukannya setelah adanya surat resmi dari Shin Tae-yong.

"PSSI hanya memproses setelah Shin Tae-yong memberi surat resmi siapa yang dia minta. Yang dia minta baru dua (Ivar Jenner dan Justin Hubner)," kata Indra di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (28/10/2022).

"Ia mereka berdua yang kami temui di Belanda, masa di Spanyol," sambung mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 itu.

Lebih jauh, Indra menjelaskan mengapa kedua pemain berdarah Belanda itu menjalani proses naturalisasi. Tidak seperti Elkan Baggott yang bisa langsung menjadi WNI.

"Elkan Baggott itu WNI jadi punya paspor Indonesia. Jadi tidak sama," terang Indra Sjafri.

"Ini (Ivar Jenner dan Justin Hubner) memang betul-betul ada perpindahan kewarganegaraan. Dia WN Belanda, kami lakukan tindakan untuk menjadi WNI. Beda dengan Elkan," pungkasnya.

Load More