Irwan Febri Rialdi
Pemain timnas Indonesia Ricky Kambuaya (kanan) merayakan golnya pada pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia vs Thailand di Stadion Nasional Singapura pada 1 Januari 2022. Roslan RAHMAN / AFP.

Bolatimes.com - Gelandang Persib Bandung dan timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, dirumorkan tengah menjadi incaran runner-up Liga Super Malaysia 2022, Terengganu FC.

Kabar ini ramai dikabarkan di Twitter, salah satunya dari akun @indostransfer pada Rabu (26/10/2022). Kambuaya dibutuhkan Terengganu FC untuk menghadapi Piala AFC tahun depan.

Namun, ini tidak akan mudah bagi Terengganu FC. Sebab, pemain asal Papua itu masih memiliki kontrak bersama Persib Bandung hingga akhir musim 2023/2024.

"Runner-up Malaysia 2022, Terengganu FC dikabarkan tertarik dengan Gelandang Persib dan Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya (26)," tulis @indostransfer.

"Kambuaya yang masih berstatus sebagai pemain baru Persib masih terikat kontrak hingga akhir musim 2023/24," lanjutnya.

Apabila mempertimbangkan berbagai faktor, maka Ricky Kambuaya layak untuk menerima tawaran Terengganu FC dan berkarier di Liga Super Malaysia musim depan.

Sebab, ada beberapa pertimbangan yang sebetulnya patut diperhitungkan pemain asal Sorong itu untuk menerima pinangan Terengganu FC.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuka peluang Ricky Kambuaya untuk menerima tawaran Terengganu FC.

1. Kepastian Liga 1 2022-2023 Belum Jelas

Salah satu alasan penting yang bakal mendorong Ricky Kambuaya untuk menerima tawaran Terengganu FC alih-alih bertahan bersama Persib Bandung ialah situasi kompetisi sepak bola nasional.

Hingga saat ini, belum ada kepastian mengenai kelanjutan nasib Liga 1 2022-2023 pasca-meletusnya Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 korban jiwa.

Alih-alih terkatung-katung di Indonesia karena situasi seperti ini, Ricky Kambuaya memang lebih baik mengambil kesempatan yang ditawarkan oleh Terengganu FC.

Sebab, eks-pemain Persebaya Surabaya ini membutuhkan menit bermain untuk menjaga performanya tetap prima demi timnas Indonesia.

2. Pernah Ungkap Keinginan Berkarier di Luar Negeri

Sebelumnya, Ricky Kambuaya memang pernah mengutarakan keinginannya untuk meniti karier di luar negeri setelah performa impresifnya pada Piala AFF 2022.

Sempat mencuat rumor jika Ricky Kambuaya dilirik klub Korea Selatan berkat penampilan apiknya di Piala AFF 2022. Namun, hingga kini belum ada kepastian mengenai karier abroad pemain asal Papua tersebut.

"Kalau memang saya dibawa Coach Shin Tae-yong ke luar, tentunya ini sangat baik bagi karier saya dan ada ,kemauan untuk itu (berkarier di luar negeri)," ujarnya saat konferensi pers, Sabtu (1/1/2022).

3. Peluang Tampil di Piala AFC 2023

Jika Ricky Kambuaya benar-benar menerima tawaran untuk berkarier bersama Terengganu FC, maka dia bakal mendapat kesempatan tampil di ajang Piala AFC musim mendatang.

Pasalnya, Terengganu FC dipastikan bakal menjadi salah satu wakil Malaysia yang berkompetisi di ajang Piala AFC 2023. Nasib ini tak terlepas dari statusnya sebagai runner-up Liga Super Malaysia 2022.

Dengan demikian, Ricky Kambuaya bakal memiliki kesempatan berharga untuk mencatatkan penampilan pertamanya di ajang ini dalam kariernya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More