Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. [Haitham AL-SHUKAIRI / AFP]

Bolatimes.com - Sosok Park Hang-seo belakangan dihubung-hubungkan dengan Timnas Indonesia menyusul kontraknya di Vietnam yang segera berakhir.

Park Hang-seo telah mengumumkan perpisahannya pada Oktober 2022, kendati masih bertugas menukangi Timnas Vietnam. Kontraknya baru berakhir pada 31 Januari 2023 mendatang.

Piala AFF 2022 akan menjadi turnamen terakhir bagi pelatih asal Korea Selatan bersama skuad The Golden Star Warriors.

Di sisi lain, bersamaan dengan kabar pensiunnya Park Hang-seo muncul beragam spekulasi mengenai kandidat pengganti hingga pelabuhan baru sang juru taktik. Salah satunya, Park Hang-seo dinilai layak untuk pindah menjadi pelatih Timnas Indone

Terlebih, pelatih Timnas Indonesia kini, Shin Tae-yong telah mengeluarkan pernyataan kalau dirinya siap mundur andai Ketum PSSI mundur sebagai tanggung jawab atas Tragedi Kanjuruhan. Hal itu lantas menjadi bahasan media Media Vietnam TheThao247.

"Indonesia masih memegang erat mimpi memiliki 'legenda' Timnas Vietnam," demikian bunyi salah satu judul artikel TheThao247.

Media itu menyebut, sejatinya Vietnam dan Indonesia tengah berada dalam situasi yang sama. Baik Park Hang-seo maupun Shin Tae-yong digadang-gadang masuk kandidat pelatih anyar.

"Saat ini, Timnas Indonesia U-19 juga kekurangan kursi pelatih kepala. Seiring dengan pemikiran Coach Park Hang-seo, Indonesia sangat berharap pada kemungkinan ini. Sementara itu, pelatih Shin Tae-yong juga masuk dalam daftar panjang kandidat yang berpeluang menggantikan Mr. Park di Vietnam," imbuhnya.

Sementara Park Hang-seo mengisyaratkan kalau dirinya terbuka untuk melatih timnas lain usai hengkang dari Vietnam. Tetapi secara gamblang ia menolak andai disuruh kembali melatih Vietnam atau menukangi timnas negara asalnya, Korea Selatan.

Load More