Husna Rahmayunita
Striker Timnas Singapura, Ikhsan Fandi, usai mencetak gol ke gawang Malaysia, Sabtu (26/3/2022). (Instagram/@fas)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Indonesia tidak hanya tersebar di Eropa. Ada juga pemain berdarah Indonesia yang mentas di beberapa liga di Asia Tenggara.

Kebanyakan pemain-pemain keturunan Indonesia ini memilih membela negara lain ketimbang membela Timnas Indonesia. Siapa saja mereka?

Berikut ulasannya!

1. Irfan Fandi

Darah Indonesia mengalir dalam tubuh bek Timnas Singapura ini. Ya, Irfan Fandi punya kakek dan nenek yang berasal dari Pacitan, Jawa Timur.

Irfan Fandi merupakan putra dari legenda sepak bola Singapura, Fandi Ahmad. Saat ini bek berpostur jangkung tersebut bermain di Thailand dengan BG Pathum United.

2. Amy Recha

Striker Singapura yang lahir di Surabaya, Amy Recha. (Dok. FA Singapura_

Masih dari Timnas Singapura, Amy Recha yang lahir pada 13 Maret 1992 ini merupakan pemain keturunan Indonesia yang bermain di Liga Singapura bersama Hougang United FC.

Amy Recha punya darah Indonesia dari sang Ibu. Ia lahir di Surabaya dan dibesarkan di Batam, sebelum akhirnya pindah ke Singapura dan menjadi warga negara Singapura.

3. Ikhsan Fandi

Saudara kandung dari Irfan Fandi ini juga merupakan pemain keturunan Indonesia yang kini membela Timnas Singapura. Dia merupakan putra Fandi Ahmad, yang lahir pada 9 April 1999.

Ikhsan Fandi yang kini membela BG Pathum United FC, jadi andalan Timnas Singapura di lini depan. Ia bahkan sempat membobol gawang Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020.

4. Mulia Sugeharto

Pemain Timnas Malaysia U-16 keturunan Indonesia, Mulia Sugeharto. (Instagram/@_muliahairi)

Nama Mulia Sugeharto jadi perbincangan saat gelaran Piala AFF U-16 2022. Pemain keturunan Indonesia ini membela Timnas Malaysia.

Diungkap oleh pelatih Malaysia U-16, Osmera Omaro, bahwa Mulia Hairi bin Sugeharto ini merupakan pemain keturunan Indonesia yang lahir dan besar di Malaysia. Dia punya darah Indonesia dari sang ayah.

5. Taufik Suparno

Dengan nama yang begitu Indonesia, Taufik Suparno memang memiliki darah Indonesia. Pemain kelahiran Singapura ini punya ayah asli Indonesia.

Sedangkan ibunya merupakan orang Singapura. Taufik Suparno pun akhirnya menjadi warga negara Singapura dan sempat membela Timnas Singapura.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More