Rauhanda Riyantama
Ragnar Oratmangoen gabung FC Groningen. (Instagram/@fcgroningen)

Bolatimes.com - Sejumlah nama penyerang yang tercatat pemain keturunan Indonesia saat ini tengah meniti kariernya bersama sejumlah klub elite Eropa.

Meskipun lahir dan dibesarkan di luar negeri, tapi sebetulnya pemain-pemain ini berpeluang besar untuk memperkuat timnas Indonesia karena memiliki garis keturunan.

Bahkan, beberapa nama penyerang tersebut juga pernah dijajaki peluangnya untuk menjalani proses naturalisasi dari PSSI agar bisa memperkuat timnas Indonesia.

Baca Juga:
Piala Dunia 2022 di Depan Mata, Carlo Ancelotti Pastikan Real Madrid Tetap Main Habis-habisan

Namun, ada pula beberapa penyerang asing keturunan Indonesia yang akhirnya batal melanjutkan proses naturalisasi tersebut.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan striker keturunan Indonesia yang kini tengah berkarier di Eropa.

1. Jim Croque

Baca Juga:
Hasil French Open 2022: The Daddies Tumbang di Babak Pertama, Wakil Chinese Taipei Sukses Revans

Pemain keturunan Jim Croque ikut berlatih bersama Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (21/6/2022). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Pesepak bola muda yang pernah berkarier bersama tim muda Vitesse, Jim Croque, juga dikabarkan memiliki keturunan Jawa. Garis itu didapat dari ayahnya.

Sebelumnya, penyerang berusia 18 tahun tersebut dinobatkan sebagai Talent of The Month akademi Vitesse berkat performa gemilangnya.

Jim Croque juga pernah mendapatkan panggilan Shin Tae-yong untuk mengikuti TC timnas Indonesia U-19. Namun, proses naturalisasinya batal dilanjutkan.

Baca Juga:
Ikut Pantau Sepak Bola Indonesia, Ivar Jenner Sebut Klub Ini

2. Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen resmi direkrut FC Groningen. (Instagram/fcgroningen)

Ragnar Oratmangoen merupakan pemain keturunan Indonesia yang saat ini tengah berkarier di Eredivisie, atau kasta tertinggi Liga Belanda.

Meskipun tercatat lahir di Oss, Belanda, tetapi penyerang berusia 24 tahun ini sebetulnya memiliki garis keturunan Indonesia. 

Baca Juga:
Media Vietnam Soroti Amukan Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia U-19 Menang atas Cakallikli Spor

Saat ini, dia berkarier di Eredivisie atau kasta teratas Liga Belanda bersama FC Groningen. Dia juga sempat dibidik untuk menjadi salah satu pemain naturalisasi Indonesia.

3. Jelte Pal

Pemain kelturunan Indonesia, Jelte Pal. (Instagram/jelte_pal)

Penyerang muda yang tengah berkarier bersama tim Willem II U-21, Jelte Pal, juga tercatat memiliki garis keturunan Indonesia.

Striker kelahiran 16 Oktober 2002 ini mendapatkan garis keturunan Indonesia itu dari ayahnya yang berasal dari Jakarta. 

Selain bisa bermain sebagai striker nomor sembilan, Jelte Pal juga bisa diplot di sektor sayap untuk menjadi winger.

4. Delani Ladan

Delani Ladan yang berstatus sebagai mantan penyerang klub Liga Belanda, Rotterdam U-21, juga diketahui memiliki garis keturunan Indonesia.

Saat ini, Delani Ladan tercatat bermain di kompetisi kasta kedua Liga Belanda atau Eerste Divisie bersama TOP Oss.

Dari total sembilan penampilannya bersama TOP Oss, dia sudah menyumbangkan satu assist.

5. Navarone Foor

Navarone Foor (Sumber: Twitter)

Jika sebelum-sebelumnya lebih banyak berbicara soal pemain muda, kini saatnya membahas pemain yang lebih matang, yakni Navarone Foor.

Pemain yang disebut memiliki garis keturunan Indonesia ini sudah malang melintang bersama sejumlah klub di kompetisi Eropa.

Striker berusia 30 tahun itu untuk saat ini bermain di kompetisi kasta tertinggi Liga Latvia, Riga. Sebelumnya, ia pernah jadi andalan timnas Belanda di kelompok U-19 hingga U-21.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More