Irwan Febri Rialdi
Ahmad Rusadi berduel dengan pemain Thailand di Piala AFF U-19 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Kehadiran pemain berdarah Belanda, Justin Hubner, berpotensi besar untuk menyingkirkan sederet nama pemain di skuad timnas Indonesia U-19.

Pasalnya, jika proses naturalisasi Justin Hubner rampung dilakukan, maka pemain asal Wolverhampton Wanderers U-21 ini bisa saja menyingkirkan sejumlah nama pemain timnas Indonesia U-19.

Nasib buruk ini berpeluang besar dialami oleh para pemain timnas U-19 khususnya yang bermain di posisi yang sama. 

Sebetulnya, ada beberapa nama pemain yang berpotensi bertahan dari situasi penuh ancaman ini. Salah satu di antaranya ialah Muhammad Ferarri.

Ferarri diyakini bakal tetap menjadi andalan Shin Tae-yong mengingat posisinya sebagai kapten tim. Artinya, pemain Persija ini tak akan terpengaruh dengan kehadiran Justin.

Situasi ini cukup berbeda dengan beberapa pemain bertahan lainnya yang belum jadi andalan utama di timnas U-19. Mereka bisa terancam dengan kehadiran Justin Hubner.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga nama pemain timnas Indonesia U-19 yang bisa kehilangan tempat karena kehadiran Justin Hubner.

1. Dia Syayid Alhawari

Dia Syayid Alhawari menjadi salah satu nama pemain bertahan timnas Indonesia U-19 yang posisinya terancam akibat kedatangan Justin Hubner.

Pasalnya, pemain asal Persija Jakarta ini belum bisa mengamankan posisi utama di sektor pertahanan timnas Indonesia U-19.

Dia hanya berstatus sebagai pemain pengganti ketika Shin Tae-yong menerapkan kebijakan rotasi, terutama pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Sejauh ini, Dia Syayid Alhawari memang belum bisa menembus skuad utama Persija Jakarta dan mendapat menit bermain di Liga 1 2022-2023.

2. Dimas Juliono Pamungkas

Gelandang bertahan milik Bhayangkara FC, Dimas Juliono Pamungkas, menjadi salah satu pemain yang mendapat posisi baru dari Shin Tae-yong di skuad timnas Indonesia U-19.

Bersama timnas U-19, Dimas mendapat peran baru untuk mengisi bek tengah, khususnya di sektor kiri dalam skema tiga bek.

Namun, kehadiran Justin Hubner berpeluang besar jadi ancaman tersendiri bagi Dimas Juliono di skuad timnas Indonesia U-19. Pasalnya, kualitas Justin dinilai lebih baik ketimbang Dimas.

3. Ahmad Rusadi

Bek tengah muda potensial milik Persela Lamongan, Ahmad Rusadi, juga harus berhati-hati dengan munculnya nama Justin Hubner di skuad timnas Indonesia U-19.

Pasalnya, Ahmad Rusadi berpeluang untuk ditumbalkan karena Shin Tae-yong lebih memiliki Justin Hubner ketimbang dirinya.

Meskipun sudah menjadi andalan timnas Indonesia U-19 sejak tahun 2020, Ahmad Rusadi bisa saja kehilangan tempatnya. Sebab, dia saat ini belum bisa masuk skuad utama timnas U-19.

Ahmad Rusadi lebih banyak bermain sebagai pemain pengganti. Dia juga bermain sebagai starter saat momen-momen tertentu, terutama ketika Shin Tae-yong melakukan rotasi.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More