Irwan Febri Rialdi
Sejumlah pemain Bali United merayakan kegembiraan saat penganugerahan Juara Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (31/3/2022). Bali United berhasil menjadi juara Liga 1 2021/2022. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Bolatimes.com - Peringkat kompetisi Liga 1 Indonesia di jajaran AFC Club Competitions Ranking untuk Zona Timur Asia memang bisa dibilang menyedihkan.

Pasalnya, dilansir dari ASEAN Football, posisi Liga 1 Indonesia berada di urutan ke-11. Peringkat ini bahkan menduduki posisi kelima untuk kawasan Asia Tenggara.

Sebagai informasi, peringkat Liga 1 Indonesia di jajaran AFC Club Competitions Ranking ini nantinya akan mempengaruhi nasib klub asal Indonesia di kejuaraan-kejuaraan Asia.

Jika rankingnya buruk, maka peluang klub sepak bola asal Indonesia untuk tampil di kejuaraan seperti Liga Champions Asia ataupun Piala AFC sangat menipis.

Sebab, hanya ada satu wakil Indonesia yang berpeluang untuk tampil di ajang Liga Champions Asia musim 2023/2024. Itu pun tak bisa langsung masuk fase grup lantaran harus melewati fase play-off terlebih dahulu.

Sementara itu, untuk wakil di Piala AFC 2022, ada dua kontestan Liga 1 yang nantinya bisa langsung mewakili Indonesia di ajang kasta kedua tersebut.

Nasib ini tentu sangat jauh berbeda dengan Singapura yang berada di urutan kedelapan. Mereka bisa mengirimkan satu wakil secara langsung di ajang Liga Champions Asia dan dua wakil langsung di Piala AFC.

Untuk kompetisi Thailand yang duduk di urutan keenam, mereka bisa mengirimkan satu wakil di fase grup dan satu tim di fase play-off Liga Champions Asia. Tak hanya itu, Thailand juga berhak mengirim satu perwakilan di Piala AFC.

Adapun Vietnam yang duduk di urutan kelima alias dua teratas Asia Tenggara bisa mengirimkan satu peserta langsung di fase grup dan dua peserta di fase play-off Liga Champions Asia.

Selanjutnya, untuk kompetisi sepak bola Malaysia yang menduduki urutan keempat atau memuncaki daftar negara di ASEAN, mereka menjadi tim yang paling berjaya.

Pasalnya, Malaysia bisa mengirimkan dua negara di fase gugur dan dua negara di fase play-off Liga Champions Asia. Artinya, ada empat negara asal Negeri Jiran yang berpeluang mewakili negaranya di ajang Liga Champions Asia.

Jepang dan Korea Selatan sebagai dua negara di urutan teratas AFC Club Competitions Ranking di Zona Timur Asia menjadi yang paling berjaya.

Pasalnya, kedua negara ini berhak menempatkan empat wakilnya di Liga Champions Asia, dengan catatan tiga negara di fase grup langsung dan satu lainnya harus melewati fase play-off.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More