Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Cho Byung-kuk (kiri) saat membela Seongnam Ilhawa Chunma.(AFP/Karim Jaafar)

Bolatimes.com - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengungkap siapa pengganti Dzenan Radoncic di posisi asisten Pelatih Timnas Indonesia. Dia adalah Cho Byung-kuk yang merupakan mantan pemain asuhan Pelatih Shin Tae-yong.

Cho Byung-kuk merupakan mantan bek Timnas Korea Selatan. Dia diketahui sudah bergabung bersama tim dalam pemusatan latihan di Turki.

"Nama asisten baru Shin Tae-yong adalah Cho Byung-kuk. Dia sudah bergabung dengan Timnas Indonesia U-20 di Turki," kata Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri saat dihubungi awak media, Kamis (20/10/2022).

Skuad Timnas Indonesia U-20 saat sedang berlatih di Turki (Dok. PSSI).

Karier Cho Byung-kuk dalam dunia kepelatihan terbilang anyar. Sebelum diajak Shin Tae-yong, ia menukangi South Coast Flame FC U-13 di Australia di mana fokus pada usia dini.

Namun, Cho Byung-kuk punya catatan mentereng saat menjadi sebagai pemain. Ia pernah berbaju tim nasional Korea Selatan dengan catatan 11 caps.

Ia pernah membela sejumlah tim besar Asia di antaranya Suwon Samsung Bluewings, Seongnam Ilhwa Chunma, Jubilo Iwata, hingga Shanghai Shenhua.

Cho Byung-kuk gantung sepatu pada 2019 ketika membela klub Australia, South Coast United SC. Ia juga pernah menjadi anak asuh Shin Tae-yong pada 2009-2011 ketika Shin menangani Seongnam Ilhwa Chunma.

Sebelumnya, Dzenan Radoncic memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pembantu Shin Tae-yong karena permasalahan keluarga pada awal Oktober 2022.

Adapun Timnas Indonesia U-20 saat ini sedang TC di Eropa sebagai persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

Load More