Selasa, 07 Februari 2023
Irwan Febri Rialdi : Jum'at, 21 Oktober 2022 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Belakangan ini, kepemilikan saham Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana, menjadi perhatian publik setelah bocornya data legal klub yang dimiliki PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Dari dokumen yang bermunculan di media sosial tersebut, Gilang Widya Pramana ternyata tak memiliki sedikit pun saham di PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia (AABBI), perusahaan yang menaungi Arema FC.

Sebab, hanya ada dua nama orang yang tercantum sebagai pemegang saham Arema FC, yakni Iwan Budianto dan Agoes Soerjanto.

Dalam akta tersebut, Iwan Budianto yang masih tercantum sebagai Direktur Utama PT AABI ternyata memiliki mayoritas saham sebesar 85%. 

Sementara itu, Agoes Soerjanto diketahui mengantongi sisa kepemilikan saham, yakni sebesar 15%. Dalam akta tersebut, Agoes menduduki jabatan sebagai Komisaris Utama. Adapun satu komisaris lainnya adalah Tatang Dwi Arifianto.

Komposisi saham ini ternyata cukup mengejutkan publik, terutama pendukung Arema FC. Sebab, Gilang Widya Pramana ternyata tak memiliki satu persen pun saham di klub Singo Edan.

Namun demikian, sebetulnya akta perusahaan sebagai data legal Arema FC di PT Liga Indonesia Baru (LIB) ini baru diperbarui pada akhir tahun 2020 silam.

Padahal, Gilang Widya Pramana baru masuk ke lingkaran Arema FC pada medio Juni 2021. Besar kemungkinan, akta perusahaan tersebut masih belum diperbarui dengan akta terbaru.

Pasalnya, lelaki yang dikenal dengan Juragan 99 ini sempat mengakui apabila dirinya mendapatkan tawaran dari Iwan Budianto untuk membeli saham Arema FC.

“Pak IB (Iwan Budianto) sangat terbuka kepada saya. Saya ditawari 30% saham Arema FC,” kata Gilang pada 13 Maret 2022.

Jika merujuk pada pernyataan ini, diduga kuat saham yang dibeli Gilang ini merupakan milik Iwan Budianto. Dengan kata lain, saat ini ada tiga pemilik saham di PT AABBI.

Iwan Budianto memiliki saham sebesar 55%, Gilang Widya Pramana 30%, dan 15% sisanya berada di tangan Agoes Soerjanto.

Kehadiran Gilang sebagai pemilik saham sekaligus Presiden Arema FC memang berhasil mengubah wajah tim kebanggaan warga Malang raya tersebut.

Pasalnya, di bawah kepemimpinan Juragan 99 ini, Arema FC mendapat banyak dukungan sponsor yang maksimal melalui bisnis MS Golw for Men miliknya.

Bahkan, kehidupan para pemain Arema FC juga mulai diperhatikan. Mereka kini mendapat fasilitas mess anyar ala hotel bintang empat. Sebelumnya, tempat tinggal para pemain Arema FC hanya seperti kos-kosan.

Selain itu, para pemain Arema FC juga disediakan bus untuk operasional dan transportasi. Mereka juga diberikan berbagai fasilitas lainnya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

BACA SELANJUTNYA

Bawa Persib Bandung Tak Terkalahkan di 14 Laga, Luis Milla Pecahkan Rekor di Liga 1