Irwan Febri Rialdi
Eks pemain Timnas Kroasia U-19, Duje Javorcic. (Dok. PSIS)

Bolatimes.com - PSIS Semarang belakangan ini tengah memberikan kesempatan trial kepada pemain asing asal Kroasia, Duje Javorcic, untuk menunjukkan kemampuannya.

Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, mengatakan, pemain asal Kroasia tersebut akan mengikuti seleksi sekira satu bulan jelang bursa transfer paruh musim Liga 1 2022/2023.

Menurut dia, kedatangan Duje Javorcic untuk menjalani seleksi tersebut merupakan rekomendasi dari tim pelatih.

"Kedatangan pemain trial ini sama seperti sebelum pandemi. Kami tidak ingin membeli kucing dalam karung," katanya dalam siaran pers, Senin (17/10/2022).

Ia menjelaskan PSIS Semarang masih akan melihat kemampuan fisik maupun taktik pemain berusia 22 tahun tersebut secara detail.

Tentu saja, PSIS Semarang harus merelakan satu pemain asingnya jika nantinya benar-benar tertarik dengan kemampuan yang dimiliki oleh Duje Javorcic.

Profil Duje Javorcic

Duje Javorcic merupakan pesepak bola berkebangsaan Kroasia yang tercatat lahir di Split pada 25 November 1999. Saat ini, usia pemain yang berposisi sebagai gelandang ini baru menginjak 22 tahun.

Sebagai informasi, Duje Javorcic mengawali perjalanannya bermain sepak bola dengan berlatih bersama Hajduk Split hingga 2014. Setelah itu, dia sempat digembleng RNK Split (2014-2016), dan Lazio (2016-2018).

Selama memperkuat Lazio U-19, Duje Jerkovic memang mendapat menit bermain yang cukup reguler di ajang Primavera 1 dan Primavera A.

Tercatat, secara keseluruhan, dia sudah membukukan 37 penampilan bersama Lazio U-19. Dari semua aksinya itu, ia turut menyumbang empat gol dan tiga assist.

Setelah kurang lebih berlatih dua tahun bersama Lazio U-19, Duje Javorcic akhirnya memutuskan untuk pindah ke Amiens SC, klub sepak bola asal Prancis.

Setelah itu, dia diboyong oleh FC Nitra, klub asal Kroasia, pada 2020. Debutnya bersama FC Nitra tercipta pada ajang Slovakia Fortuna Liga melawan Pohronie pada 15 Februari 2020.

Di bawah asuhan pelatih Anatoliy Demyanenko, Duje Javorcic mendapat kepercayaan untuk tampil sebagai starter pada pertandingan tersebut. Namun, dia akhirnya ditarik keluar pada menit ke-80 saat digantikan Isaac Muleme.

Selama memperkuat FC Nitra, pemain berusia 22 tahun ini hanya mampu memperoleh lima kali kesempatan bermain di tahun 2020.

Pada Agustus 2020, dia akhirnya memilih hengkang ke NK Dugopolje, klub yang berbasis di Kroasia. Di klub ini, kesempatan bermainnya memang jauh lebih reguler.

Sebab, selama dua musim bermain bersama NK Dugopolje, dia sukses mencatatkan 53 kali penampilan di ajang Prva NL, kompetisi kasta kedua di sistem Liga Kroasia.

Sementara itu, kiprah Duje Javorcic juga cukup gemilang di tim nasional. Meskipun memang sebagian besar penampilannya berlangsung bersama tim junior.

Dia tercatat sudah menjadi bagian dari skuad timnas Kroasia U-16 sejak mencatatkan debut pada 19 Februari 2015. Setelah itu, dia sempat naik level di Kroasia U-17 dengan menorehkan lima penampilan dan tiga gol.

Adapun kiprah terakhirnya di timnas Kroasia berlangsung bersama U-19. Sejak debut pada 11 Agustus 2016, dia sudah memainkan enam pertandingan dan mencetak satu gol.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More