Irwan Febri Rialdi
Pemain timnas Indonesia Sergio Van Dijk melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/11). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

Bolatimes.com - Dunia sepak bola Indonesia pernah digegerkan dengan salah satu pemain keturunan asal Belanda, Sergio Van Dijk yang sempat digadang-gadang menjadi pemain masa depan timnas Indonesia.

Lahir di Assen pada 6 Agustus 1982, namanya dikenal luas di sepak bola Belanda, saat itu Sergio bermain untuk klub VV Pelikaan S.

Sergio Van Dijk merupakan putra dari Antonia Polnaya dan Roelof Van Dijk, ia juga memiliki seorang adik bernama Danny Van Dijk.

Singkat cerita, Van Dijk menjadi salah satu pemain naturalisasi Indonesia dan hal itu tak lepas dari darah Tanah Air yang berasal dari sang ayah.

Kewarganegaraan Indonesia resmi didapat pada 2013 lalu, memiliki postur tubuh 185 cm Van Dijk menjadi gelandang dan striker ulung bagi timnas.

Nama Van Dijk kembali menjadi perbincangan setelah dirinya baru-baru ini mendirikan klub sepak bola di Indonesia bersama Raphael Maitimo. Klub itu dinamai Maluku United.

Awal Karier

Memiliki nama asli Serginho, diambil dari salah satu legenda Brasil era 1980-an, Serginho Chulapa dan mengawali karier untuk klub lokal Kota Assen, LTC.

Di tahun 1995 ia masuk ke akademi Groningen, bahkan saat itu ia berada di satu tim dengan bintang timnas Belanda, Arjen Robben.

Butuh lima tahun baginya untuk masuk ke skuat utama pada 1990, tak seperti Robben yang melegenda, Van Dijk saat itu hanya jadi cadangan di Groningen.

Tak kunjung bersinar di kampung halamannya, Van Dijk memilih berkarier di luar Belanda dan Australia jadi destinasi pilihannya.

Hal itu terbukti, keputusan bergabung Brisbane Roar menjadikan nama Van Dijk bersinar dan menjadi perbincangan hangat di Indonesia.

Hingga di tahun 2013, ia memutuskan bergabung dengan Persib Bandung dan menjadi salah satu minat terbaik penonton selama gelaran Liga Super Indonesia.

Seiring waktu, Van Dijk yang mendapatkan naturalisasi Indonesia juga turut bermain untuk timnas Indonesia meski tak cemerlang.

Berikut profil Sergio Van Dijk.

Nama Lengkap:Serginho Van Dijk
Tempat Lahir:Assen, Belanda
Tanggal Lahir:06 Agustus 1982 (35 Tahun)
Kebangsaan: Indonesia

Karir Pemain
2000–2002 Groningen
2002–2005 Helmond Sport
2005–2008 Emmen
2008–2010 Brisbane Roar
2010–2013 Adelaide United
2013–Persib Bandung

Video yang mungkin Anda sukai:

Kontributor: Eko
Load More