Irwan Febri Rialdi
Pengurus PSSI main bola bareng Presiden FIFA Gianni Infantino. (Twitter/@pssi)

Bolatimes.com - Sebagai federasi sepak bola seluruh dunia, FIFA, nyatanya tidak luput dari kontroversi. Bahkan, baru-baru ini FIFA kembali mendapat sorotan, khususnya dari publik sepak bola Tanah Air.

Perwakilan FIFA yang dihadiri langsung oleh Presiden Gianni Infantino sendiri baru saja berkunjung ke Indonesia. Dia bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia.

Kedatangan Infantino bukan tanpa sebab, dia datang untuk membahas terkait tragedi Kanjuruhan yang telah menewaskan lebih dari 130 orang.

Infantino datang langsung bertemu Joko Widodo untuk membahas transformasi sepak bola Indonesia, pun dengan PSSI di mana FIFA disebut akan bekerjasama membuat sepak bola Indonesia lebih maju, termasuk dari segi keamanan pertandingan.

Namun, FIFA yang dianggap sebagai 'juru penyelamat' atas tragedi kemanusiaan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, justru mendapat kecaman dari publik sepak bola Tanah Air.

Pada kenyataannya, FIFA sendiri tidak lepas dari kontroversi. Berikut daftarnya!

1. Uji Coba Peraturan Baru

FIFA sempat menuai reaksi keras dari publik sepak bola dunia setelah melakukan uji coba peraturan baru pada 2021. Peraturan tersebut mengubah beberapa unsur permainan sepak bola yang telah menjadi identitas olahraga tersebut. Seperangkat peraturan itu juga sempat diujicobakan dalam turnamen Future of Football Cup.

Perubahan peraturan tersebut meliputi durasi permainan yang diubah menjadi 2x30 menit untuk satu pertandingan, waktu pertandingan berhenti ketika bola keluar dari lapangan, mengganti lemparan dalam menjadi tendangan dalam bak permainan futsal, hingga menghapus batasan pergantian pemain.

Meski berdalih bahwa keputusan ini diambil untuk membuat sepak bola lebih menarik, rencana FIFA tersebut mendapat banyak kecaman.

2. Wacana Piala Dunia Dua Tahun Sekali

Infantino sempat bikin geger publik sepak bola karena punya wacana mengadakan Piala Dunia menjadi dua tahun sekali. Padahal, kompetisi tertinggi di dunia ini dianggap sudah cocok menjadi ajang empat tahunan.

Meski pada perjalanannya terdapat pihak yang pro dan kontra, wacana ini dinilai akan menghilangkan sisi 'keistimewaan' Piala Dunia sebagai ajang paling bergengsi dalam sepak bola.

3. Main Bola Bareng PSSI

Setelah mendapat simpati dari pecinta sepak bola Indonesia, FIFA dan Gianni Infantino malah langsung mendapat kecaman lantaran bermain fun football bersama PSSI dan jajarannya.

Netizen bereaksi setelah akun media sosial PSSI mengunggah kegiatan fun football bersama Gianni Infantino di Stadion Madya, Selasa (18/10/2022). Pertandingan persahabatan itu digelar PSSI dan Infantino setelah menggelar rapat penting terkait Tragedi Kanjuruhan.

Sebelum rapat dengan PSSI, Gianni Infantino lebih dahulu bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. Terlihat dari potret yang dibagikan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, dan Infantino nampak sangat menikmati pertandingan hiburan tersebut.

Akan tetapi reaksi berbeda ditunjukkan netizen Indonesia yang kesal dan kecewa dengan keputusan petinggi badan sepak bola tersebut. Kebanyakan netizen merasa kecewa dan menilai PSSI dan FIFA khususnya Infantino tidak memiliki empati setelah Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari 100 orang belum lama ini terjadi.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More