Husna Rahmayunita
Selebrasi Marselino Fedinan usai mencetak gol ke gawang Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Dua tim negara Asia Tenggara (ASEAN) dipastikan lolos ke Piala Asia U-20 2023. Kedua tim tersebut yakni Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam.

Hanya ada dua tim negara ASEAN yang berhak mentas di Piala Asia U-20 2023 yang rencananya berlangsung pada 1-18 Maret 2023.

Timnas Indonesia U-19 lolos setelah keluar sebagai juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Anak asuh Shin Tae-yong memenangkan persaingan saat berada satu grup bersama Vietnam, Timor Leste dan Hong Kong di babak kualifikasi.

Timnas Indonesia U-19 berhasil memenangkan laga pamungkas babak grup lawan Vietnam di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya Minggu (18/9/2022) dengan skor 3-2. Hasil tersebut mengukuhkan Marselino Ferdinand dan kawan-kawan sebagai juara grup F setelah mengantongi 9 poin.

Adapun Vietnam tetap lolos ke Piala Asia U-20 2023 dengan status sebagai runner up Grup F. Total The Golden Star mengantongi 6 poin.

Sementara tim ASEAN lain harus gugur, termasuk Malaysia dan Thailand yang kalah usai tersingkir dengan skema menyakitkan dari kandidat runner up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Nasib Thailand ditentukan lewat pertandingan terakhir Grup H antara Australia kontra Irak yang berakhir dengan skor 1-0. Irak dan Thailand sejatinya memiliki poin dan selisih gol yang identik yakni enam poin dan +3, serta jumlah gol dan kemasukan yang sama (6-3).

Irak berhak lolos karena unggul dalam hal poin fair-play (perolehan kartu kuning dan merah), sedangkan Thailand tumbang setelah finis di urutan keenam runner up terbaik.

Hanya ada lima runner up terbaik untuk menggenapkan 10 juara grup dan satu tuan rumah yang berhak lolos ke Piala Asia U-20 2023. Total ada 16 negara yang melaju ke babak berikutnya.

Deretan negara yang lolos ke Piala Asia U-20 2023 yakni: Arab Saudi, Qatar, jepang, Yordania, Korea Selatan,, Timnas Indonesia, Oman, Australia, Tajikistan, Iran, Vietnam Kirgistan, China, Irak, dan Suriah.

Load More