Husna Rahmayunita
Pemain Vietnam U-19 melakukan selebrasi usai bobol gawang Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut klasemen akhir runner up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, di mana Thailand gagal lolos beda nasib dengan Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam.

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 telah rampung digelar, Selasa (18/10/2022). Ada 16 negara yang dipastikan lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Sebanyak 16 negara tersebut berasal dari 10 juara grup, lima runner up terbaik dan satu tim tuan rumah yakni Uzbekistan.

Juara grup yang melajuke Piala Asia U-20 2023 adalah: Arab Saudi (Grup A), Qatar (Grup B), Jepang (Grup C), Yordania (Grup D), Korea Selatan (Grup E), Timnas Indonesia (Grup F), Oman (GrupG), Australia (Grup H), Tajikistan (Grup I), dan Iran (Grup J).

Adapun lima runner up terbaik adalah Vietnam (Grup F), Kirgistan (Grup J), China (Grup A), Irak (Grup H), Suriah (Grup D).

Thailand sempat masuk kandidat runner up terbaik tapi berakhir tersingkir dengan skema pilu, mirip seperti Timnas Indonesia gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Saat itu, Thailand bersama Vietnam dituding "main mata" dalam matchday terakhir yang berakhir 1-1. Hasil itu bikin skuad Garuda Nusantara tersingkir di penyisihan grup karena kalah head-to-head dalam klasemen mini antar tiga negara itu.

Kini, Thailand seperti kena karma. Mereka harus merasakan hal serupa setelah Australia cuma menang tipis 1-0 atas Iraq. Hasil itu sudah cukup membuat Tim Kanguru dan Iraq lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Meski kalah, Irak sebagaimana dilansir laman resmi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), menjadi tim terakhir atau ke-16 yang berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Meski memiliki poin dan selisih gol yang identik dengan Thailand yakni enam poin dan +3, serta jumlah gol dan kemasukan yang sama (6-3), Irak berhak lolos karena unggul dalam hal poin fair-play (perolehan kartu kuning dan merah).

Irak tercatat memiliki poin disiplin yang paling rendah (semakin rendah semakin fair-play) yakni -5, sementara Suriah (-8) dan Thailand (-10).

"Namun [meski kalah dari Australia], ada kegembiraan bagi Irak serta dua kemenangan sebelumnya yang berarti mereka mengamankan tempat di putaran final sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik," tulis AFC di laman resminya.

Thailand sendiri pada akhirnya cuma finis di posisi keenam klasemen runner-up terbaik, di bawah Syria yang berhak menduduki posisi lima atau batas akhir untuk merebut tiket ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Berikut klasemen akhir runner- up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 seperti dikutip dari Suara.com.

  • Vietnam (6 Poin, selisih gol +7)
  • Kirgizstan (6 Poin, selisih gol +7)
  • China (6 Poin, selisih gol +6)
  • Irak (6 Poin, selisih gol +3)
  • Suriah (6 Poin, selisih gol +3)
  • Thailand (6 Poin, selisih gol +3)

(Suara.com/Arif Apriadi)

Load More