Irwan Febri Rialdi
Luis Milla mulai memimpin latihan Persib Bandung pada Kamis (1/9/2022). (Dok. Liga Indonesia Baru)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong membuat pernyataan mengejutkan. Pelatih asal Korea Selatan itu mengancam mundur dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Dalam unggahan di Instagram pribadinya pada Rabu (12/10/2022), Shin Tae-yong memberi komentar. Dalam unggahannya itu, Shin Tae-yong menampilkan potret pasca-tragedi Kanjuruhan.

Ia mengucapkan duka cita mendalam atas terjadinya tragedi Kanjuruhan. Ia mendukung penuh terhadap korban serta keluarga.

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan ini memberikan pernyataan mengejutkan. Sebab, Shin Tae-yong menyebut akan ikut mundur jika Ketum PSSI mengundurkan diri.

Shin Tae-yong menjelaskan mengapa dirinya mengambil sikap demikian. Sebab, menurutnya PSSI adalah satu tim yang bisa membuat timnas indonesia maju.

Jika nantinya Iwan Bule benar mundur dan Shin Tae-yong ikut melepas jabatannya, berikut beberapa pelatih asing di Liga 1 yang layak menjadi pelatih Timnas Indonesia.

1. Stefano Cugurra

Pelatih berkebangsaan Brasil ini sudah terbukti kualitasnya sebagai nakhoda di Liga 1. Sosok yang biasa disapa Teco ini mampu meraih gelar juara dengan dua tim berbeda.

Gelar Liga 1 pertama dipersembahkan Teco saat menjadi pelatih Persija di musim 2018. Teco lantas berhasil membawa Bali United menjadi kampiun dua musim berturut-turut yaitu pada Liga 1 2019 dan 2021/22.

Pengalaman menangani tim-tim besar dan sudah memahami karakter pemain Indonesia bisa menjadi modal berharga buat Teco menjadi pelatih Timnas Indonesia jika Shin Tae-yong mundur.

2. Bernardo Tavares

Sosok pelatih asing di Liga 1 selanjutnya yang layak menjadi pengganti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia adalah pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares.

Selain kini menangani PSM, Tavares juga punya banyak pengalaman melatih di berbagai negara. Mulai dari Eropa hingga di Asia.

Pada musim perdananya bersama PSM, Tavares juga langsung memberikan bukti lewat penampilan apik Juku Eja di Liga 1 dan beberapa waktu lalu mampu menembus semifinal zona ASEAN Piala AFC 2022.

3. Luis Milla

Nama pelatih ini pastinya tidak asing lagi di telinga para pecinta sepak bola Tanah Air. Pelatih asal Spanyol tersebut baru saja ditunjuk sebagai pelatih Persib Bandung.

Pemilihan Milla untuk menggantikan Shin Tae-yong jika nanti mundur cukup masuk akal. Pasalnya, Milla pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia selama 1,7 tahun.

Tentu saja pengalaman menjadi pelatih Timnas Indonesia ini akan sangat membantu Milla jika nanti kembali ditunjuk menukangi Skuad Garuda.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More