Arif Budi Setyanto
Selebrasi pemain Timnas Malaysia U-16 usai mengalahkan Indonesia. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Malaysia dikabarkan ingin mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia U-17 2023 menggantikan Bahrain yang memutuskan mundur.

Kabar itu disampaikan oleh Sekjen Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) Noor Azman Rahman. Ia menilai menjadi tuan rumah akan mendatangkan banyak keuntungan bagi tim junior Harimau Malaya.

"Bahasa halusnya kami melihat peluang menjadi tuan rumah adalah keuntungan. Jika bahasa sederhana kami menginginkannya karena banyak keuntungan," ucap Noor Azman Rahman dikutip dari Arena Metro, Kamis (13/10/2022).

Baca Juga:
Iwan Bule Sebut PSSI Bertanggung Jawab Penuh atas Tragedi Kanjuruhan

Kendati begitu, pihak FAM masih menunggu AFC untuk mendaftar sebagai tuan rumah Piala Asia U-17 2023. Jika sudah mendapat informasi resmi, mereka mengaku akan mengambil langkah.

Nah, langkah Malaysia yang berniat mengajukan diri jadi Piala Asia U-17 2023 juga tampaknya tak rela jika timnas Indonesia U-16 nantinya ikut berkompetisi menggantikan Laos.

Sebelumnya timnas Indonesia U-16 disebut masih bisa lolos jika AFC menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah ajang dua tahunan itu.

Baca Juga:
Pernyataan Shin Tae-yong Tuai Pro dan Kontra, Nova Arianto: Tanpa Tekanan dan Keluar dari Hati Terdalam

Perlu diketahui, Piala Asia U-17 2023 belum memiliki tuan rumah baru setelah Bahrain yang harusnya menjadi tuan rumah mengundurkan diri.

Timnas Indonesia U-16 kalah telak dari Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (Instagram/famalaysia)

“Indonesia masih bisa lolos ke Piala Asia U-17 2023 meski tersingkir secara memalukan dari Malaysia di kualifikasi. Namun, harapan Indonesia untuk berpartisipasi di Piala Asia U-17 2023 tiba-tiba kembali menyala setelah pengumuman dari AFC,” tulis The Thao 247.

“Secara khusus, Indonesia diberikan kesempatan khusus tampil di Piala Asia U-17 2023 jika terpilih sebagai tuan rumah Piala Asia U-17 2023. Meski sudah ditetapkan 16 tim yang lolos, Piala Asia U-17 2023 sendiri belum mempunyai tuan rumah,” lanjut pernyataan media Vietnam itu.

Baca Juga:
Timnas Thailand Diterpa Rumor Panas, FAT Tendang Mano Polking dan Panggil Pelatih Lama

Timnas Indonesia U-16 sendiri gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 setelah dibantai Malaysia dengan skor 1-5 pada Minggu (9/10/2022).

Skor tersebut sangat memengaruhi posisi Indonesia di antara runner-up terbaik grup lain, yang total terdiri dari sepuluh grup, dari mulai A sampai J. AFC hanya memilih enam runner-up terbaik, dan Indonesia menempati urutan ketujuh di bawah Laos.

Baca Juga:
Liga 1 Diliburkan Sementara, Pelatih Persib Bandung Terus Genjot Pemain dengan Latihan Fisik

Load More