Irwan Febri Rialdi
Pesepak bola Tim Nasional U-17 Indonesia Muhammad Nabil Asyura (tengah) memegang kepalanya usai Tim Nasional U-17 Malaysia mencetak gol dalam laga Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (9/10/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

Bolatimes.com - Pelatih Qatar terkejut bukan Timnas Indonesia U-16 yang lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023, tetapi justru Timnas Malaysia U-16.

Hal ini diceritakan oleh manajer Timnas Malaysia U-16, Cristopher Raj. Ia mengaku mendapatkan pesan dari pelatih Qatar yang kaget dengan keberhasilan Malaysia.

Pelatih Qatar mengaku tidak pernah memperkirakan Malaysia akan lolos dari Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Sebab, di grup itu ada Indonesia selaku tuan rumah dan jawara Piala AFF U-16 2022. Kemudian, ada negara kuat lainnya yakni Uni Emirat Arab dan Palestina.

Apalagi performa Indonesia juga mengerikan dengan menyapu bersih tiga laga awal Grup B dengan kemenangan, yakni 14-0 lawan Guam, 3-2 lawan UEA, dan 2-0 kontra Palestina.

Sementara Malaysia sempat imbang 1-1 melawan Guam. Ini membuat mereka sedikit dipandang sebelah mata ketika berjumpa Indonesia di laga penentuan.

Namun, Malaysia mampu membuktikan kemampuan dengan membantai Indonesia 5-1 dan lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

"Semalam saya terima pesan dari pelatih Qatar, beliau berkata, Wow Chris, saya tidak pernah menyangka bahwa tim kamu lolos ke Piala Asia," kata Cristopher Raj, dikutip dari Flash Sukan.

"Mereka tidak pernah memperkirakan, tetapi saya yakin, tim yakin, kita semua yakin kita mampu lolos," imbuhnya.

Malaysia akhirnya yang menjadi wakil ASEAN di Piala Asia U-17 2023 bersama Vietnam, Thailand, dan Laos.

Load More