Arif Budi Setyanto
Selebrasi pemain Timnas Malaysia U-16 usai mengalahkan Indonesia. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Media Malaysia menyebutkan bahwa timnas Indonesia U-16 tertipu dengan strategi dari juru taktik tim junior Harimau Malaya, Osmera Omaro yang menyimpan kekuatan menghadapi Guam.

Malaysia sempat jadi sorotan dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 karena ditahan imbang 1-1 ketika melawan Guam yang notabene tim terlemah di grup.

Di sisi lain, timnas Indonesia U-16 berhasil menang telak ketika melawan Guam. Arkhan Kaka cs menang dengan skor 14-0.

Baca Juga:
Profil Brad Maloney, Eks Pelatih Malaysia U-23 yang Dipecat tapi Kini Sukses Antar Australia Lolos ke Piala Asia U-17

Akan tetapi, ketika timnas Indonesia U-16 berhadapan dengan Malaysia, anak asuh Bima Sakti malah tak berdaya. Tim junior Harimau Malaya menang dengan skor telak 5-1.

Melihat situasi tersebut, media Malaysia kemudian mengatakan bahwa timnas Indonesia tertipu dengan Osmera Omaro.

"Skuad Indonesia tertipu dengan penampilan kurang meyakinkan Malaysia melawan Guam yang menyebabkan kekalahan di negeri sendiri," tulis laporan harimaumalaya.com.my disadur pada Senin (10/10/2022).

Baca Juga:
Fantastis! Situs Dewasa Siap Bayar Hak Nama Stadion Baru Milik Everton, Nilainya Rp8,4 Triliun

Pemain Timnas Indonesia U-16 Arkhan Kaka Putra (tengah) melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang UEA dalam laga kualifikasi Grup B Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/10/2022). Indonesia menang dengan skor 3-2. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.

"Jika dilihat saat melawan Guam, Indonesia punya kelas yang berbeda dengan mencetak 14 gol. Namun, tindakan itu kurang cerdas karena mati-matian di awal yang membuat pemain keletihan. Sedangkan peraturan pertandingan sudah menetapkan bahwa pasukan melawan dua tim terbawah tidak akan dihitung," imbuh laporan tersebut.

Maka dari itu, media Malaysia menyimpulkan di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 kali ini, Osmera Omaro punya strategi yang lebih cerdas ketimbang Bima Sakti.

Pasalnya kemenangan Malaysia itu tidak hanya membuat mereka lolos otomatis ke Piala Asia U-17 2023. Namun, mereka berhasil membuat timnas Indonesia U-16 gigit jari karena selisih gol yang besar berimbas dengan kegagalan Garuda Asia untuk lolos via runner up terbaik.

Baca Juga:
Heboh Iker Casillas Ngaku Gay, Begini Fakta Sebenarnya

Load More