Irwan Febri Rialdi
Pesepak bola Tim Nasional U-17 Indonesia Muhammad Nabil Asyura (tengah) memegang kepalanya usai Tim Nasional U-17 Malaysia mencetak gol dalam laga Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (9/10/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

Bolatimes.com - Media Vietnam memberikan sorotan yang cukup sinis terhadap kegagalan Timnas Indonesia U-16 dalam melangkah ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Mereka menyebut skuat Garuda Muda gagal dengan memalukan.

Kegagalan Timnas Indonesia U-16 untuk mendapatkan tiket final Piala Asia U-17 2023 sangat mengecewakan bagi publik sepak bola nasional.

Pada laga terakhir babak Kualifikasi Grup B Piala Asia U-17 di Stadion Pakansari, pasukan Bima Sakti secara mengejutkan kalah telak 1-5 dari Malaysia, Minggu (9/10).

Kekalahan telak timnas Indonesia U-16 yang berujung gagalnya Garuda Asia menjadi juara grup B serta tak masuk menjadi 6 tim runner-up terbaik membuat media Vietnam kasih nyinyiran.

Salah satu media Vietnam, Thethao247 seperti dilansir Bolatimes dari SuaraBekaci.id menyebut bahwa hasil melawan Malaysia U-16 sangat memalukan bagi timnas Indonesia.

"Gagal dengan memalukan, Indonesia lebih buruk dari tim kecil di ASEAN," tulis media Vietnam tersebut.

Dalam ulasannya, media Vietnam tersebut menyebut bahwa timnas Indonesia U-17 lebih buruk dari Laos U-17 yang secara peringkat masih berada di atas tim Garuda Asia.

Faktanya, Laos menjadi salah satu wakil ASEAN bersama Vietnam, Thailand dan Malaysia yang lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

"Dengan melihat fakta ini, bahwa Laos tunjukkan perkembangan sepak bola muda yang cukup baik. Sebaliknya, kegagalan timnas U-17 menjadi sinyal melambatnya perkembangan sepak bola Indonesia," papar media Vietnam.

Enam tim yang menjadi runner-up terbaik ialah Korea Selatan (Grup J), China (Grup G), Afghanistan (Grup H), India (Grup D), Thailand (Grup F) dan Laos (Grup I).

Keenam tim ini mendampingi 10 tim yang sudah dipastikan lolos terlebih dahulu yakni Jepang, Malaysia, Qatar, Arab Saudi, Yaman, Vietnam, Australia, Tajikistan, Iran dan Uzbekistan.

Kegagalan untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 mengulang catatan buruk Timnas Indonesia pada 2018.

Saat itu, Garuda Asia tampil di Piala Asia U-16 2018 di Malaysia dan berhasil menembus perempat final.

Sejatinya, pada 2019, Indonesia yang dilatih Bima Sakti sukses lolos ke Piala Asia U-16 2020. Akan tetapi, turnamen itu dibatalkan oleh AFC karena pandemi COVID-19.

(SuaraBekaci/Galih Prasetyo)

Load More