Rauhanda Riyantama
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat rapat persiapan Piala Dunia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Presiden Joko Widodo akhirnya turun tangan terakit tragedi Kanjuruhan hingga akhirnya Indonesia bebas dari sanksi FIFA. Kabar ini pun membuat warganet nyinyir hingga menyebut bahwa Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan untuk hadir di acara Mata Najwa.

"Berdasarkan surat tersebut, Alhamdulillah, sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA," kata Jokowi dalam video yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (7/10/2022).

Selanjutnya, Presiden Jokowi mengatakan FIFA bersama dengan pemerintah Indonesia akan membentuk transformasi sepak bola Indonesia. Nantinya, FIFA akan berkantor di Indonesia untuk menjalankan proses itu.

Baca Juga:
Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia U-16 vs Malaysia, Misi Wajib Menang Demi Lolos ke Piala Asia U-17 2023

Kolaborasi tersebut akan melibatkan FIFA, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan pemerintah Indonesia. Uniknya, Presiden Joko Widodo tak menyebut PSSI dalam tim tersebut.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga menyebutkan bila Presiden FIFA, Gianni Infantino akan berkunjung ke Indonesia pada Oktober atau November 2022 untuk berdiskusi dengan pemerintah.

Adapun Menko Polhukam Mahfud MD yang berperan sebagai ketua TGIPF untuk tragedi Kanjuruhan, bisa melakukan investigasi menyeluruh termasuk ke PSSI.

Baca Juga:
Jelang Duel Klasik Timnas Indonesia U-16 vs Malaysia, Bima Sakti Bertekad Tampilkan yang Terbaik

"Selama ini pemerintah kita tidak bisa masuk ya ke PSSI, kalau masuk (pembenahan) itu kan tidak boleh FIFA. Pemerintah tidak boleh ikut campur dalam asosiasi sepak bola di bawah FIFA, aturannya kan begitu,'' kata Mahfud MD, dalam program Mata Najwa.

''Namun sekarang Presiden bentuk tim independen ini, dengan ini bisa investigasi pembenahan semuanya, mulai Kanjuruhan, ya PSSI juga," tandasnya.

Baca Juga:
Hasil Liga Spanyol Semalam: Atletico Madrid Taklukkan Girona, Real Madrid Menang Tipis Lawan Getafe

"REVOLUSI PSSI," tulis akun @shrladt.

"Si paling terdepan saat Timnas prestasi. Juga si paling belakang ketika sepak bola ada tragedi," tulis akun @im***.

"1. Lapangan Pakansari parah pak 2. Kpn jadi bintang tamu Najwa Shihab 3. Undur diri sebagai tanggung jawab moral 4. Pengurus kapan potong generasi pak, Timnas udah potong generasi duluan loh," tulis akun @tria***.

Baca Juga:
Hasil Liga Italia Semalam: Inter Milan Taklukkan Sassuolo, AC Milan Pecundangi Juventus

Load More