Irwan Febri Rialdi
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai lolos ke Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Sejauh ini, baru ada lima klub Liga 1 yang mengumumkan nama-nama pemain yang dipanggil timnas Indonesia U-19 untuk menjalani pemusatan latihan.

Kelima klub Liga 1 yang mengumumkan nama-nama pemain untuk mengikuti TC timnas Indonesia U-19 itu ialah Persib Bandung, Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, dan Persis Solo.

Persib Bandung, misalnya, mengirimkan tiga nama untuk pemusatan latihan timnas U-19 ini. Lalu, Bali United mengumumkan satu pemain.

Tiga pemain lainnya berasal dari Bhayangkara FC. Adapun Borneo FC menyetor dua nama pemain. Terakhir, ada Persis Solo yang memastikan empat nama pemain untuk TC timnas U-19 ini.

Dengan demikian, baru ada 13 nama pemain yang sudah dipastikan mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia U-19 ini.

Jumlah itu nantinya akan terus bertambah seiring pengumuman yang dirilis oleh klub masing-masing. Nama keseluruhan baru bisa didapat dari rilis resmi dari PSSI.

Berdasarkan surat yang dikirimkan PSSI kepada Persib Bandung dengan nomor 4110/AGB/617/X/2022, pemain-pemain ini dijadwalkan mulai menjalani pemusatan latihan di Jakarta pada 8-10 Oktober 2022.

Dalam surat tersebut, pemusatan latihan ini rencananya akan dilanjutkan ke Turki, yakni mulai 10 Oktober hingga 5 November 2022. 

Setelah itu, tim asuhan Shin Tae-yong akan bertolak ke Spanyol untuk melanjutkan pemusatan latihan jangka panjang hingga 4 Desember 2022.

Pemusatan latihan ini nantinya akan menjadi salah satu persiapan penting bagi tim asuhan Shin Tae-yong untuk menghadapi sejumlah ajang bergengsi di tahun depan.

Sebab, mereka akan menghadapi Piala Asia U-20 2023 yang diselenggarakan di Uzbekistan pada 2 hingga 18 Maret.

Setelah itu, tim ini juga akan melanjutkan persiapan untuk menghadapi gelaran Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Indonesia mulai 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Sejauh ini, belum ada rilis resmi dari PSSI soal jumlah dan nama-nama pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti TC timnas Indonesia U-19.

Dari kabar yang beredar, nantinya Shin Tae-yong akan memilih 36 nama pemain untuk menjalani TC jangka panjang di Eropa ini.

Sejumlah agenda juga telah disiapkan oleh tim pelatih timnas Indonesia U-19 selama di Turki dan Eropa, termasuk menggelar pertandingan uji coba.

5 Klub Liga 1 yang Umumkan Pemain untuk TC Timnas Indonesia U-19:

Persib Bandung: Kakang Rudianto, Ferdiansyah, Robi Darwis

Bali United: Kadek Arel

Bhayangkara FC: Dimas Juliono, Arsa Ahmad, Frezy Al-Hudaifi

Borneo FC: Rabani Tasnim, Daffa Fasya

Persis Solo: Marcel Januar, Aulia Ramadhan, Erlangga Setyo, Zanadin Fariz.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More