Irwan Febri Rialdi
Selebrasi pemain Timnas Laos U-16 usai melibas Hong Kong. (Twitter/@afcasiancup)

Bolatimes.com - Hasil Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Laos yang kerap dicap sebagai negara lemah memuat kejutan dengan membantai Hong Kong dengan skor telak 5-0 di Dolen Omurzakov Stadium, Bishkek, Jumat (7/10/2022).

Sayphone Keohanam dan Peter Phanthavong menjadi bintang kemenangan Laos dengan sumbangan dua gol. Sementara satu gol lainnya dicetak oleh Khammanh Thapaseuth.

Ini merupakan kemenangan pertama Laos di Grup I Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Sebelumnya, mereka dipaksa menelan kekalahan telak 0-3 ketika berjumpa tim kuat Iran.

Hasil ini juga membuat Laos berada di posisi dua klasemen sementara Grup I dengan tiga poin, selisih tiga poin dari Iran mengantongi enam poin.

Sebenarnya, kemajuan Laos di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 bukan sebuah kejutan. Sebab, mereka sebenarnya sudah tampil apik di Piala AFF U-16  2022 di Indonesia.

Laos yang tergabung di Grup B bersama Thailand, Timor Leste, dan Brunei Darussalam. Dari tiga laga, mereka tidak pernah kalah. Bahkan imbang 1-1 saat melawan Thailand.

Di klasemen akhir, Laos finis di posisi dua klasemen di bawah Thailand dan gagal lolos ke semifinal. Meski begitu, catatan tak kalah menjadi progres yang bagus dari Laos.

Load More