Irwan Febri Rialdi
Sekretaris Jendral PSSI, Ratu Tisha menggelar jumpa pers terkait pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 di Garuda Store, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (22/9). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Bolatimes.com - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Akhmad Hadian Lukita, ditetapkan menjadi salah satu tersangka dalam kasus Tragedi Kanjuruhan.

Nama Hadian Lukita masuk ke dalam salah satu enam tersangka yang ditetapkan oleh Polri. Namanya terucap dari pengumuman yang dilakukan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers di Malang, Kamis (06/10/2022) malam WIB.

Dirut PT LIB ditetapkan jadi tersangka karena lalai tak memverifikasi Stadion Kanjuruhan. Verifikasi terakhir dilakukan PT LIB pada tahun 2020 silam.

"Kita melakukan olah TKP. Berdasarkan hasil pendalaman, ditemukan bahwa PT LIB selaku penyelenggara Liga 1 tidak melakukan verifikasi terhadap Stadion Kanjuruhan," beber Kapolri.

Dengan ditetapkannya Hadian Lukita, maka posisi Direktur Utama PT LIB kini menjadi perbincangan. Siapa yang layak untuk mengisi posisi ini? Berikut ulasannya!

1. Ratu Tisha

Sosok bernama lengkap Ratu Tisha Destria ini merupakan wanita Indonesia pertama yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PSSI.

Ratu Tisha tidak diragukan lagi punya banyak pengalaman di sepak bola Indonesia. Dia berjasa membuat Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Tisha juga yang berjasa membawa Shin Tae-yong menjadi pelatih Timnas Indonesia. Dengan pengalaman ini, Ratu Tisha layak untuk diajukan sebagai salah satu calon direktur utama PT LIB.

2. Azrul Ananda

Namanya sudah tidak asing di dunia olahraga Indonesia, khususnya sepak bola dan bola basket. Dia merupakan eks CEO Persebaya Surabaya sejak 2017, sebelum akhirnya mengundurkan diri pada 2022.

Azrul merupakan sosok yang tepat jika diproyeksikan sebagai Direktur Utama PT LIB. Dia punya pengalaman mengelola liga basket Indonesia, yang saat itu bernama NBL.

Selain itu, Azrul juga berpengalaman dalam mengelola kompetisi kelompok usia yang dibuktikan dengan eksisnya kejuaraan basket antar sekolah, DBL, selama lebih dari satu dekade.

3. Sudjarno

Irjen. Pol. Drs. Sudjarno, S.H saat ini menjabat sebagai Direktur Operasional PT LIB. Dia besar kemungkinan akan menjadi Plt Direktur Utama PT LIB setelah Hadian Lukita ditetapkan tersangka.

Sudjarno bisa menjadi alternatif lain jika PT LIB harus memiliki Direktur Utama secepatnya. Dia punya reputasi cukup bagus di kepolisian.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More