Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia U-16 Indonesia Bima Sakti (kiri) dan bek tengah skuadnya Muhammad Iqbal Gwijangge memberikan keterangan dalam konferensi pers Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/9/2022). (ANTARA/Michael Siahaan)

Bolatimes.com - Kapten Timnas Indonesia U-16 Muhammad Iqbal Gwijangge dipastikan absen membela Skuad Garuda Asia saat menghadapi Malaysia di laga pamungkas Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Hal itu disampaikan sang pelatih Bima Sakti.

Akumulasi kartu kuning, menjadi alasan utama Muhammad Iqbal Gwijangge tak bisa main saat melawan Malaysia. Bima Sakti tak ambil pusing meski salah satu pilarnya absen.

"Iqbal sudah mendapatkan dua kali kartu kuning, jadi dia tidak bisa bermain," ujarnya usai laga lawan Palestina, Jumat (7/10/2022) malam.

Bima Sakti menilai para pemain lain siap menggantikan posisi Iqbal Gwijangge, sehingga dirinya tak risau. 

Ada tiga nama yang berpotensi untuk mengisi satu slot bek tengah yang ditinggalkan Iqbal yakni Mohamad Andre Pangestu, Muhammad Afazriel dan Femas Aprian Crespo.

Sementara sebagai kapten, Bima kemungkinan besar akan memberikan kepercayaan kepada bek tengah Sulthan Zaky Pramana yang yang sama-sama mengisi lini belakang Indonesia sepanjang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

"Zaky memiliki kemampuan komunikasi yang bagus dengan pemain lain," tutur Bima.

Tak cuma Muhammad Iqbal Gwijangge, satu pemain lain yang masih diragukan tampil kontra Malaysia adalah Azzaky Esa Erlangga.

Azzaky, yang dapat berperan sebagai bek maupun gelandang sayap, harus dipapah oleh rekan-rekannya setelah laga kontra Palestina, Jumat (7/10).

Sebenarnya, bukan cuma Zaky yang cedera pada pertandingan tersebut. Muhammad Iqbal Gwijangge juga bermasalah otot kakinya akibat berbenturan dengan pemain Palestina sehingga mesti menggunakan kursi roda untuk menuju ke bus pemain.

"Untuk pemain yang cedera, kami akan melihat kondisi mereka. Akan ada pemulihan salah satunya dengan mandi es di hotel. Untuk Azzaky, kami akan menyiasati agar dia bisa bermain pada hari Minggu," kata Bima.

Meski demikian, Indonesia mendapatkan sokongan tenaga segar saat melawan Malaysia lantaran penyerang sayap Muhammad Nabil Asyura kemungkinan akan pulih dari cedera. Nabil sendiri tidak bermain saat Indonesia menghadapi Palestina.

"Kami menyiapkannya untuk hari Minggu," ujar Bima.

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Malaysia di laga penentu grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Pertandingan akan digelar di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (9/10/2022) malam WIB.

(Antara)

Load More