Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti (kiri) dan bek kiri skuadnya Habil Abdillah Yafi memberikan pernyataan kepada media usai laga Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 melawan Palestina, (Antara/Michael Siahaan)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengungkap alasannya tak merotasi pemain di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Sejak awal pertandingan fase grup lawan Guam, Timnas Indonesia U-16 mengandalkan pemain yang sama sebagai starter.

Bima Sakti mengakui sulit untuk merotasi delapan pemain di skuadnya saat berlaga di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Kedelapan pemain tersebut adalah Andrika Fathir (kiper), Muhammad Iqbal Gwijangge, Habil Abdillah, Sulthan Zaky, Muhammad Riski Afrisal, Muhammad Kafiatur Rizky, Arkhan Kaka dan Rizdjar Subagja.

"Itu karena waktu antarpertandingan mepet dan mempertimbangkan tensi laga," ujar Bima usai laga lawan Palestina Jumat (7/10/202) malam.

Mereka selalu bermain sejak awal pada pertandingan kontra Guam, Senin (3/10), Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (5/10), dan Palestina, Jumat (7/10).

Para pemain tersebut menunjukkan performa yang baik pada laga-laga tersebut dan membawa Indonesia memenangi semuanya. Skuad berjuluk Garuda Asia itu menundukkan Guam 14-0, mengalahkan UEA 3-2 dan mengandaskan Palestina 2-0.

Arkhan Kaka menjadi yang paling menonjol di antara semuanya dengan enam gol yang dilesakkannya ke gawang lawan-lawan Indonesia di Grup B.

Bima Sakti mengaku dia sebenarnya ingin menurunkan nama-nama yang jarang bermain ketika Timnas U-16 bersua Guam. Tapi urung dilakukan karena ingin meraup poin maksimal dari pertandingan pertama.

"Kami mau mengambil titik aman untuk menaikkan kepercayaan diri pemain," terang Bima Sakti.

Timnas Indonesia U-16 kini memuncaki klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 koleksi sembilan poin hasil kemenangan dari tiga laga. Indonesia mengungguli Malaysia di posisi kedua yang mengantongi tujuh poin dari tiga pertandingan.

Karena tiga tim lain yaitu Uni Emirat Arab (UEA), Guam dan Palestina dipastikan tidak lolos dari kualifikasi, maka dua tim terbaik di Grup B diperebutkan oleh Indonesia dan Malaysia.

Selanjutnya, anak asuh Bima Sakti akan melakoni laga penentu kontra Malaysia di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (9/10/2022) mulai pukul 20.00 WIB

(Antara)

Load More