Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia U-16 melakukan selebrasi kemenangan setelah mengalahkan UEA dalam laga kualifikasi Grup B Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/10/2022). Indonesia menang dengan skor 3-2. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.

Bolatimes.com - Berikut skenario agar Timnas Indonesia U-16 bisa lolos dari babak kualifikasi ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Posisi Timnas Indonesia U-16 pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 berada dalam posisi menguntungkan untuk lolos ke putaran final.

Hal ini lantaran anak asuh Bima Sakti itu tengah duduk di puncak klasemen grup B berbekal dua kemenangan di dua pertandingan awal.

Di dua pertandingan awal grup B, Timnas Indonesia U-16 mampu meraih kemenangan 14-0 atas Guam dan menang 3-2 atas tim kuat, Uni Emirat Arab.

Dengan raihan tersebut, Timnas Indonesia U-16 berada di atas Uni Emirat Arab dengan poin sama, yakni enam poin.

Bedanya, Timnas Indonesia U-16 baru memainkan dua pertandingan dan unggul selisih gol maupun Head to Head atas Uni Emirat Arab.

Mengingat hanya juara grup dan lima Runner Up grup terbaik yang akan lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023, maka posisi Timnas Indonesia U-16 saat ini terbilang menguntungkan.

Saat ini Timnas Indonesia U-16 hanya menyisakan dua pertandingan saja, yakni melawan Palestina (7/10) dan Malaysia (9/10).

Dengan posisinya saat ini, Timnas Indonesia U-16 bisa saja menentukan kelolosan ke putaran final Piala Asia U-17 2023 saat menghadapi Palestina atau di laga ketiga grup B.

Bagaimana skenario agar Timnas Indonesia U-16 bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023? Berikut ulasannya.

Skenario Timnas Indonesia U-16 Lolos ke Piala Asia U-17 2023

Jika ingin meraih tiket kelolosan dengan cepat, Timnas Indonesia U-16 harus bisa mengalahkan Palestina di laga ketiga, Jumat (7/10).

Namun kemenangan atas Palestina di laga nanti juga bergantung pada hasil lain, yakni saat Uni Emirat Arab berhadapan dengan Malaysia di hari yang sama.

Mudahnya, Timnas Indonesia U-16 harus mengalahkan Palestina dan berharap Uni Emirat Arab juga bisa mengalahkan Malaysia.

Jika Timnas Indonesia U-16 bisa menang atas Palestina dan Uni Emirat Arab menang atas Malaysia, maka poin kedua tim akan menjadi sembilan poin.

Koleksi sembilan poin ini pun akan membuat Timnas Indonesia U-16 dan Uni Emirat Arab di grup B tak akan bisa dikejar oleh tim lainnya.

Alhasil dengan poin yang sama tersebut, Timnas Indonesia U-16 dan Uni Emirat Arab tinggal bersaing memperebutkan status juara grup untuk lolos otomatis ke putaran final.

Jika skenario itu terjadi, Timnas Indonesia U-16 bisa memastikan diri lolos dengan status juara grup B. Sebab, skuad Garuda Asia masih menyisakan satu pertandingan melawan Malaysia di laga terakhir.

Berbeda dengan Uni Emirat Arab yang telah melakoni empat pertandingan saat berjumpa Malaysia pada laga nanti, Jumat (7/10).

Selain itu, Timnas Indonesia U-16 juga unggul Head to Head atas Uni Emirat Arab, yang makin memudahkan posisi skuad Garuda Asia untuk lolos sebagai juara grup B.

Selain skenario ini, Timnas Indonesia U-16 punya skenario lainnya untuk memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 dengan status juara grup B.

Skenario itu adalah Timnas Indonesia U-16 harus menang atas Palestina dan laga Uni Emirat Arab vs Malaysia berakhir dengan skor imbang.

Skor imbang di laga itu akan membuat Uni Emirat Arab maksimal mengumpulkan tujuh poin, dan Malaysia hanya akan lima poin.

Jika Timnas Indonesia U-16 menang atas Palestina, skuad Garuda Asia akan memiliki sembilan poin, yang otomatis tak akan bisa dikejar oleh Uni Emirat Arab dan Malaysia yang masih memiliki satu pertandingan tersisa melawan tim Merah Putih

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More