Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia U-16 berfoto sebelum menghadapi Myanmar U-16 di semifinal Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/2022).

Bolatimes.com - Federasi sepak bola Asia Tenggara (AFF) memiliki 10 wakil di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, namun hanya empat berpotensi lolos ke putaran final. Keempatnya yakni Timnas Indonesia U-16, Vietnam, Thailand, Australia.

Filipina menjadi tim Aff yang dipastikan gagal lolos ke putaran final setelah dibekuk Yordania 3-1 dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Grup A.

Sebelumnya, Guam menjadi tim pertama yang dipastikan gagal lolos setelah rentetan kekalahan di Grup B melawan tim-tim kuat, termasuk Indonesia.

Sementara Malaysia dalam kondisi mengkhawatirkan usai ditahan imbang Guam 1-1, tentu bukan hasil yang diinginkan negara serumpun Indonesia ini.

Kemudian di Grup E ada Singapura yang harus menelan kekalahan dari Bangladesh dengan skor 1-2, meski Vietnam dan Thailand di Grup F sama-sama mengoleksi kemenangan.

Thailand menghajar Nepal 3-0, sementara Vietnam menggilas Taiwan 4-0, sementara Australia di Grup G menang besar atas Mariana Utara dengan 23-0.

Kamboja dipermak China dengan skor 0-9, penderitaan itu juga dirasakan Laos di Grup I dan Brunei Darussalam di Grup J.

Laos dibekuk Iran 0-3, sementara Brunei Darussalam dilibas Uzbekistan dengan skor 0-14, tak heran hanya sedikit tim Asia Tenggara yang berpotensi melaju ke putaran final kompetisi.

Di antaranya Indonesia, Australia dan Thailand atau Vietnam, mengingat kedua tim ini berada di satu grup babak kualifikasi.

Indonesia untuk sementara memuncaki klasemen Grup B, berada di atas Uni Emirat Arab (UEA) dengan saama-sama meraih 6 poin.

Anak asuh Bima Sakti hanya butuh 4 poin guna mengamankan tiket ke putaran final sekaligus menjadi juara grup tersebut.

Di Piala AFF U-17 yang sebelumnya dibatalkan, Asia Tenggara hanya diwakili Indonesia dan Australia, tentu hal ini menjadi catatan positif bagi anak asuh Bima Sakti.

Di sisi lain, enam tim Asia Tenggara lain berpotensi mengikuti jejak Filipina, antara lain  Malaysia, Myanmar, Singapura, Kamboja, Laos dan Brunei.

Hasil imbang melawan Guam tentu menyulitkan Malaysia dengan laga terakhir melawan Indonesia di babak kualifikasi.

Sementara hanya 10 juara grup dan 6 runner-up terbaik yang berhak lolos ke putaran final. Poin melawan tim juru kunci di Grup A hingga D tidak akan masuk hitungan bagi peringkat runner-up terbaik.

Berikut daftar tim Asia Tenggara yang berpotensi lolos ke Piala Asia U-17 2023 mendatang.

1. Timnas Indonesia U-16 (Grup B)
2. Vietnam (Grup F)
3. Thailand (Grup F)
4. Australia (Grup G)

Kontributor: Eko
Load More