Irwan Febri Rialdi
Timnas UEA U-16 usai mengalahkan Guam di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (Twitter/@afcasiancup)

Bolatimes.com - Klasemen sementara runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Uni Emirat Arab (UEA) terlempar, satu negara ASEAN ada di posisi ketiga.

Sampai saat ini, seluruh grup yang tersaji pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 sudah mulai berlangsung. Klasemen sementara runner-up terbaik pun turut menyajikan persaingan ketat.

Sebagai informasi, klasemen sementara runner-up grup di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 ini juga akan menjadi penentu tim-tim mana yang berhak untuk melaju ke putaran final.

Sebab, selain 10 tim yang sukses mengakhiri persaingan sebagai juara grup, enam slot lainnya akan diperebutkan lewat jalur runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Sampai saat ini, rata-rata tim yang tergabung di Grup A sampai D sudah memainkan tiga pertandingan. Sementara tim-tim yang tergabung di Grup J rata-rata baru menjalankan satu laga.

Menariknya, klasemen runner-up terbaik di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 akan menerapkan sistem persamaan karena tidak semua grup memiliki jumlah peserta yang sama.

Nantinya, untuk Grup A hingga D yang berisi lima kontestan, maka hasil pertandingan melawan tim penghuni peringkat keempat dan kelima klasemen akhir tidak akan masuk hitungan di klasemen runner-up terbaik.

Sementara itu, untuk Grup E sampai J yang berisi empat peserta, maka hasil pertandingan kontra klub peringkat keempat alias juru kunci juga tidak akan dihitung.

Untuk saat ini, setidaknya ada sederet kontestan papan atas yang tengah terlibat di perebutan tiket lolos via jalur runner-up terbaik.

Di urutan pertama ada China. Mereka berada di puncak dengan koleksi tiga poin dari satu pertandingan. Selisih golnya juga tinggi karena mencapai +9.

Selanjutnya, urutan kedua dihuni oleh India. Mereka sejauh ini sudah mengumpulkan tiga poin dengan selisih gol mencapai +3. Jumlah yang sama juga dimiliki oleh Thailand di urutan ketiga.

Adapun posisi keempat dan kelima dihuni oleh Bangladesh dan Kirgistan yang sama-sama mengumpulkan tiga poin dengan selisih gol +1. Untuk posisi keenam, ada Qatar dengan koleksi tiga poin dan selisih golnya 0.

Sebagai informasi, hanya enam tim di urutan teratas klasemen runner-up terbaik yang nantinya akan merebut tiket lolos. Oleh karena itu, persaingan di posisi enam teratas ini akan menarik untuk terus dinantikan.

Klasemen Runner-up Terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

1. China (1 Main, 3 Poin, Selisih Gol +9)

2. India (1 Main, 3 Poin, Selisih Gol +3)

3. Thailand (1 Main, 3 Poin, Selisih Gol +3)

4. Bangladesh (1 Main, 3 Poin, Selisih Gol +1)

5. Kirgizstan (1 Main, 3 Poin, Selisih Gol +1)

6. Qatar (1 Main, 1 Poin, Selisih Gol +0)

7. Yordania (0 Main, 0 Poin, Selisih Gol 0)

8. UEA (1 Kali Main, 0 Poin, Selisih Gol -1)

9. Kosong (Runner-up Grup H)

10. Kosong (Runner-up Grup J)

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More