Rauhanda Riyantama
Pertandingan Timnas Indonesia U-17 vs Uni Emirat Arab di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (5/10/2022) malam. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 sukses mengakan Uni Emirat Arab (UEA) pada laga kedua Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Bertanding di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (5/10/2022) malam WIB, skuat Garuda Asia menang dengan skor 3-2.

Tiga gol kemenangan Timnas Indonesia U-16 diborong oleh Arkhan Kaka dengan dua gol dan satu gol dari Nabil Asyura. Sementara dua gol balasan UEA dicetak oleh Walid Mal Allah dan Ghait Abdullah.

Berkat kemenangan ini, Timnas Indonesia U-16 satu kaki lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Apalagi Malaysia hanya bermain imbang lawan Guan dengan skor 1-1.

Baca Juga:
Terkait Kompolnas Sebut Tak Ada Instruksi Tembakan Gas Air Mata, Komnas HAM: Buka Dokumennya

Kini Timnas Indonesia U-16 berada di puncak klasemen Grup B dengan koleksi 6 poin dari dua laga. Sementara UEA berada di peringkat dua dengan poin yang sama dari tiga laga, kalah selisih gol dari Indonesia.

Jalannya Pertandingan

Timnas Indonesia U-17 langsung memberikan tekanan kepada Uni Emirat Arab sejak pertandingan dimulai. Tekanan, terutama dari sisi sayap, dilancarkan tim asuhan Bima Sakti.

Baca Juga:
Komnas HAM: Suporter Tidak Ada yang Menyerang Pemain Arema FC

Namun, sulit bagi tim Merah Putih membongkar pertahanan UEA yang bermain sangat baik dalam menjaga pertahanan.

Memasuki menit 18, Muhammad Nabil Asyura berhasil membawa Timnas Indonesia U-17 unggul. Umpan silang indah dari Habil Adillah bisa diselesaikan dengan baik oleh Nabil lewat tendangan "first time".

Sampai dengan menit ke-25, UEA masih kesulitan membangun serangan. Penguasaan lebih banyak ada di kaki pemain-pemain Timnas Indonesia U-17.

Baca Juga:
Kualifikasi Piala Asia U-17 2023: Timnas Malaysia U-16 Cuma Main Imbang Lawan Guam, Kalah Ganas dengan Indonesia Nih

Pada menit ke-30 Timnas Indonesia U-17 menambah keunggulan menjadi 2-0. Kali ini giliran Arkhan Kaka yang mencetak gol setelah umpan terobosan Kafiatur Rizky diselesaikan dengan sangat baik.

Namun, tidak butuh waktu lama bagi UEA memangkas jarak. Walid Mal Allah menjebol gawang Indonesia dari skema counter attack di menit ke-32, .

UEA kembali mencetak gol pada menit ke-40. Kali ini giliran Ghait Abdullah yang mencatatkan namanya di papan skor. Skor 2-2 bertahan hingga turun minum.

Baca Juga:
Jauh Sebelum Kanjuruhan, Tragedi Penembakan Gas Air Mata Pernah Terjadi Di Tahun 1997

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-16 langsung ambil inisiatif menyerang. Terbukti, Arkhan Kaka berhasil mencetak gol kedua untuk membawa skuat Garuda Asia unggul 3-2 di menit ke-55.

Tertinggal satu gol, UEA mencoba menyamakan kedudukan. Namun tak ada satu gol tercipa, skor 3-2 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain

Timnas Indonesia U-17 (4-4-2): Andrika Fathir Rachman; Rizdjar Nurviat Subagja, Sulthan Zaky Pramana, Habil Abdillah, Muhammad Iqbal Gwijangge; Figo Dennis, Muhammad Kafiatur Rizky, Risky Afrisal, Achmad Zidan; Arkhan Kaka, Nabil Asyura.

Pelatih: Bima Sakti.

Uni Emirat Arab: Hamdan Mohamed; Rashid Saif, Saeed Amer, Hussain Mahmood, Ahmed Katta; Abdalla Ahmed, ALi Jaber, Abdulaziz; Ghaith Abdalla, Mohammed Jumah, Waalled Mal allah.

Pelatih: Alberto Gonzalez.

Load More